Rumah Yatim Survei Kebutuhan Warga Terdampak Gempa di Lombok Barat

Gempa berkekuatan 7,0 SR menimbulkan dampak yang begitu luas bagi beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat. Usai menyalurkan ribuan bantuan untuk masyarakat terdampak gempa di kawasan Lombok Utara, kini relawan Rumah Yatim melaksanakan survei ke wilayah terdampak gempa di Kabupaten Lombok Barat.

Pada Jumat (17/8) survey kali ini menyusuri daerah Dusun Limbungan Selatan, Desa Tamansari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Utara. Menurut pantauan tim relawan di lapangan, kondisi dusun tersebut, ada beberapa rumah warga yang mengalami rusak parah dan rata dengan tanah. Bangunan yang masih berdiri pun ada, namun dalam kondisi sudah tidak layak huni.

“Kondisi disana ada beberapa rumah yang roboh dan rata dengan tanah, yang masih berdiri juga ada, tapi udah gak layak pakai karena retaknya terlalu besar, dan kalau itu digunakan dikhawatirkan akan ambruk lagi,” jelas Setiawan, salah satu relawan Rumah Yatim, Jumat (17/8)

Kondisi warga saat ini masih menempati posko pengungsian, karena ada beberapa warga yang kehilangan rumahnya akibat gempa. Bahkan sebagian warga lainnya yang masih berdiri rumahnya walaupun dalam kondisi retak berat, mereka lebih memilih tinggal di pengungsian karena masih mengalami traumatik dan dikhawatirkan ambruk lagi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh saat survei, kebutuhan mendesak warga Dusun Limbungan adalah sembako. Walaupun kondisi kerusakan dan kerugian tidak separah di Lombok Utara, namun warga di pengungsian tetap menantikan adanya bantuan dan perhatian dari pemerintah setempat.

Atas kondisi tersebut, Rumah Yatim akan memperluas bantuan ke wilayah Kabupaten Lombok Barat dengan menyalurkan sejumlah bantuan untuk membantu dan meringankan beban para warga korban gempa di pengungsian yang telah kehilangan rumahnya.

“Insya Allah semoga Rumah Yatim segera menyalurkan bantuan ke daerah tersebut,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend