Masjid Al-Munawar sudah berdiri 100 tahun. Untuk melestarikan masjid tersebut, masyarakat Kejambon senantiasa merenovasinya. Agar terjaga dan terlihat sama seperti saat berdiri pada 100 tahun yang lalu.

Melihat kesungguhan masyarakat Kejambon, Rumah Yatim Tegal pun memberikan bantuan renovasi masjid. Dari keterangan Ketua RT 01 Ubaidilah memaparkan, kondisi masjid yang sudah sangat tua membuatnya sering mengalami kerusakan. Karena itu diperlukan renovasi yang cukup besar. Seperti renovasi pada tahun ini yang cukup banyak memerlukan perbaikan, di antaranya perbaikan atap dan pondasi bagian depan. Untuk merenovasi semua itu dibutuhkan dana sekitar 25 juta rupiah lagi.

Ketua DKM Faruk, senantiasa mengupayakan agar masjid ini terjaga, karena selain bangunan bersejarah masjid ini pun menjadi pusat peribadatan masyarakat Kejambon. Terbukti pengajian ibu-ibu, bapak-bapak hingga anak-anak dilaksanakan di sana.

Setelah melakukan diskusi dengan kedua pihak tersebut, Rumah Yatim Tegal menanyakan apa yang paling dibutuhkan untuk membantu meringankan beban renovasi masjid tersebut. Maka diajukanlah semen oleh mereka, karena untuk saat ini, hal itulah yang paling mendesak. Maka Rumah Yatim pun pada hari Jumat (16/3) berkunjung ke masjid tersebut untuk langsung menyalurkan bantuan renovasi berupa semen kepada pihak masjid yang diwakili oleh Ketua RT 01.

“Selain membantu renovasi, dengan bantuan ini pun berarti kita sudah menjaga kelestarian masjid bersejarah ini,” ungkap Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal Jajang Khoeruman, yang secara langsung memberikan bantuan renovasi tersebut.

 

Di tulis oleh : Enuy Nurhayati Pada tanggal 2018-03-20 20:15:57

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat