Rumah Yatim Tegal Galakan Latihan Karate untuk Anak Asuh

Di asrama Rumah Yatim Tegal ada kegiatan bela diri karate. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Agustus tahun lalu . Setiap hari Selasa sore, tepatnya pukul 15:00-17:30 anak asuh belajar gerakan karate bersama sensei R. Untung setijadi S. H, selaku guru karate anak asuh.

Dikatakan Jajang, kepala asrama Rumah Yatim Tegal, kegiatan karate membawa banyak manfaat untuk anak asuh, baik bagi fisik maupun psikis mereka. Sama seperti jenis olahraga lainnya, olahraga ini menjadikan tubuh anak lebih bugar sekaligus melatih koordinasi gerakan anggota tubuh dengan mata. Gerakan-gerakannya juga mengajarkan anak untuk tetap fokus dan berkonsentrasi dalam mengamati gerakan lawan.

Selain itu, olahraga ini mengajarkan anak untuk bisa berani dan percaya diri dalam segala tantangan. ” Sebetulnya, bela diri sama sekali tidak mengajarkan anak untuk bisa bertengkar atau melakukan kekerasan, justru sebaliknya. Olahraga ini mengutamakan pikiran yang positif, keberanian, serta ketangguhan mental sebagai tiga pilar utama,” jelas Jajang

Jajang pun mengatakan jika saat ini anak asuh sedang mempelajari gerakan Kihon ido 1 dan kata dasar. ” Alhamdulillah mereka termasuk anak yang cepat menghafal gerakan, sehingga sensei nya pun tidak perlu susah payah mengulang-ulang gerakannya,” katanya

Untuk lokasi latihan karate dilakukan di halaman depan asrama, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan covid. Saat ini kegiatan latihan karate hanya diikuti anak asuh mukim sebanyak 13 anak. Namun, jika kondisi sudah memungkinkan, anak asuh non mukim pun bisa dilibatkan.

Jajang berharap anak asuh bisa terus bersemangat mengikuti kegiatan ini, agar kelak setelah mereka sudah mahir bisa mengikuti pertandingan dan melatih adik asuh maupun teman asuhnya.

Sinta Guslia

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend