Rumah Yatim Telah Salurkan 13.500 Bantuan pada Korban Bencana Sulteng

Pendistribusian bantuan pangan dan logistik telah disalurkan Rumah Yatim sejak Rabu (3/10) hingga Minggu (14/10). Sebanyak 13.500 bantuan telah didistribusikan kepada 1.500 kepala keluarga di Kabupaten Sigi, Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut disalurkan untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak gempa dan tsunami yang mengalami kekurangan bahan pangan, logistik dan air.

Adapun bantuan tersebut berupa lima ton beras, air mineral kemasan, biskuit, makanan bayi, popok bayi, minyak goreng, ikan kalengan, paket MCK, dan pakaian perlengkapan wanita. Salah seorang relawan Rumah Yatim, Dadan Rusmana mengungkapkan, bantuan itu disalurkan secara dua tahap dan disebar ke 20 titik pengungsian.

Bencana yang telah menelan ribuan korban jiwa dan puluhan ribu rumah rusak parah itu mengakibatkan aktivitas warga di Donggala, Sigi dan Palu menjadi lumpuh total. Menurut pantauannya banyak warga yang melakukan urbanisasi ke kota lain karena kota yang menjadi tempat tinggalnya sudah tidak bisa dihuni lagi.

“Banyak warga yang mengungsi ke daerah pegunungan dan perbukitan yang relatif aman, karena Kota Palu sendiri seperti kota mati tak berpenghuni,” ungkapnya.

Diperkirakan kerugian pun mencapai triliunan rupiah. Sejumlah besar penggalangan telah dikerahkan Rumah Yatim untuk bisa membantu dan disalurkan kepada para korban gempa dan tsunami secara langsung dan tepat sasaran.

Selain itu, Rumah Yatim membuka posko bencana untuk penyaluran bantuan serta menyediakan bahan-bahan kebutuhan pokok bagi para korban bencana gempa dan tsunami. Oleh karena itu, bantuan ini ditujukan untuk mempercepat pemulihan.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend