Rumah Yatim Terjun Langsung Berikan Bantuan Bencana Banjir di Kalsel

Banjir Bandang yang menimpa Provinsi Kalimantan Selatan telah menimpa 7 Kabupaten/Kota. Banjir diduga akibat intensitas curah hujan yang terus tinggi, sehingga debit air terus bertambah sejak 8 Januari 2021 kemarin, dan kini mengakibatkan ribuan rumah warga terendam.

Atas kondisi itulah, sejak 14 Januari kemarin, tim Rumah Yatim area Kalimantan Selatan langsung mendatangi lokasi. Sebanyak 5 orang relawan diterjunkan untuk mengirim sejumlah bantuan.

“Hari pertama itu juga kita langsung melakukan assesment dan menyalurkan sejumlah bantuan,” terang Kepala Rumah Yatim area Kalimantan Selatan, Dasep.

Adapun bantuan yang diberikan yaitu berupa paket sembako sebanyak 260 paket untuk 260 KK yang terdampak. Bantuan langsung diberikan ke posko pengungsian di Kecamatan Landasan Ulin, Kabupaten Banjarbaru.

Pada hari kedua (15/1), tim Relawan Rumah Yatim berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk mengetahui daerah mana yang paling terdampak, sehingga bantuan bisa segera disalurkan.

“Hari kedua koordinasi dengan BPBD titik mana saja yg terendam, kemarin baru 6 titik yg terendam, sekarang jadi 7 kabupaten/kota terendam,” terangya.

Menurut Dasep, kondisi di sana memang cukup memprihatinkan. Sebab intensitas hujan terus menerus, sehingga air tak kunjung surut, dan ketinggian air sudah mencapai sekitar 3 meter.

“Mari kita bersama-sama membantu sodara kita yang saat ini sangat membutuhkan,” ajaknya.

Jurnalis : Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend