Rutin Baca Al Matsurat Upaya Cegah Kemalasan pada Anak Asuh

Anak asuh Rumah Yatim Duren Sawit semakin giat melaksanakan kegiatan diniyah sore. Biasanya mereka menyempatkan waktu petang di Asrama Duren Sawit, Jalan Kolonel Sugiono No. 16A, Duren Sawit, Jakarta Timur, untuk membaca ayat suci Alquran.

Kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan ini merupakan agenda yang terus ditingkatkan. Terlepas, dari sejumlah hafalan ayat dan hadits yang dijalani anak asuh Duren Sawit. Sejumlah surat yang biasanya dibacakan setiap petang di antaranya Al Baqarah, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, dan surat lainnya.

Bahkan, menurut pemaparan Kepala Asrama Duren Sawit, Yana, tidak hanya membaca surat yang ada di dalam Alquran saja. Anak asuhnya juga turut membaca dan menghafalkan doa-doa lainnya. Kegiatan ini, kata dia, rutin juga dilaksanakan setiap pagi selepas shalat subuh berjamaah.

“Sebagaimana faedah dari pembacaan Almatsurat sendiri mencegah si pembaca dari sifat malas,” paparnya, kepada jurnalis Rumah Yatim, Selasa (16/10).

Yana menambahkan, dirinya merasa bangga atas kegiatan yang terus dijalani anak asuhnya. Apalagi saat ini, anak-anak semakin berkembang dengan segala aktivitasnya yang padat. Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk menghidupkan sunah yang dicontohkan Rasulullah.

“Serta semoga menjadi salah satu amalan di hadapan Allah,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend