Saling Tes Hafalan, Cara Anak Asuh Aceh Tingkatkan Kualitas Hafalan

Di asrama Rumah Yatim cabang Aceh, ada kegiatan saling menyetorkan hafalan antar anak asuh. Kegiatan ini dilakukan sebelum ustadz idzwar selaku guru ngaji anak asuh mengetes hafalan mereka.

Menurut Sodikin selaku Kepala Asrama
Rumah Yatim Aceh, saling tes hafalan dilakukan agar anak asuh lebih siap dan maksimal ketika di tes hafalan oleh ustadz idzwar. ” Kegiatan ini dilakukan dalam pengawasan saya, agar mereka bisa lebih serius dan tenang ketika setor hafalan,” tambahya.

Kegiatan tes hafalan ini biasanya dilakukan setiap sore hari selepas melakukan shalat ashar. Sedangkan untuk tes hafalan ke ustadz idzwar dilakukan setelah shalat isya. Selain rutin setor hafalan Al Quran, anak asuh pun rutin setor hadits Arbain dan doa sehari-hari.

Sodikin mengatakan jika jumlah hafalan tiap anak asuh berbeda-beda. Hal itu sesuai kemampuan dan tingkat daya ingat mereka masing-masing. Dalam sehari ada anak asuh yang mampu menghafal sebanyak 4 ayat, ada juga yang hafal 3 ayat.

“ Kegiatan ini sengaja kami adakan agar anak asuh tidak mudah lupa dengan hafalannya dan membuat mereka termotivasi untuk terus meningkatkan jumlah hafalan,” tutup Sodikin

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend