Sambil Gendong Cucunya, Sepasang Lansia ini Tetap Semangat Mengais Botol Bekas

Botol bekas minuman kemasan mungkin tak ada artinya bagi sebagian orang. Namun bagi pasangan suami-istri Kakek Anda (56) dan Nenek Tami (52), barang bekas tersebut sangat bernilai ekonomis serta mampu menjaga keberlangsungan hidup.

Di usia tua dengan segala keterbatasannya, warga yang tinggal di Kapling Bukit Indah RT 03 RW 23, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam tersebut tetap bersemangat menyusuri jalanan dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk mengais botol plastik bekas.

Semangat keduanya termotivasi supaya tetap bisa menghidupi sang Cucu, Irwansah (8), yang kini menjadi yatim piatu dan tidak bisa berjalan sejak usia 2 tahun. Bahkan, mereka rela berjalan jauh untuk mencari botol-botol plastik bekas sambil tetap menggendong Irwansyah.

“Seharusnya Irwansah SD kelas 2, tapi keterbatasan fisik dan materi jadi tidak bisa sekolah. Keseharian mereka bekerja mencari sampah bekas dengan perjalanan 1 kilometer dari rumah, sambil menggendong cucunya,” ujar Kepala Cabang Rumah Yatim Batam, Septian Januar, Kamis (15/10).

Setiap hari, mereka berdua hanya bisa mendapatkan penghasilan dari mengais rongsokan sebesar Rp 20.000-30.000. Nominal tersebut mampu tercapai, apabila pasangan Kakek Anda dan Nenek Tami bekerja dari mulai pukul 07.00-15.00 WIB.

“Dengan kondisi yang sangat minim dari materi, kadang di lapangan TPA jika menemukan bahan pangan seperti beras sisa, sayur sisa, makanan lainya sangatlah bersyukur,” terang Septian.

Meski dengan segala keterbatasan materi, Kakek Anda dan Nenek Tami berharap Irwansyah bisa berjalan dan bersekolah. Mereka berharap bisa membeli sepeda motor untuk bekerja memulung agar tidak terus menerus sambil menggendong Irwansyah.

Melihat kondisi pasangan suami-istri dan sang Cucunya, Rumah Yatim Cabang Batam memberikan santunan melalui program bantuan ‘Biaya Hidup’. Langkah tersebut pun diharapkan bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend