Puluhan kitab suci Alquran disalurkan Rumah Yatim Regional Jabodetabek untuk santri di Pesantren Darunnurain, Kampung Rancasari, Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (4/8). Penyaluran bantuan ini untuk mendukung kekurangan perlengkapan diniyah di pesantren tersebut.

Menurut pemaparan Person In Charge (PIC), Rusmanto, bantuan Alquran yang diberikan sebanyak 20 buah. Bantuan ini juga merupakan tindak lanjut dari serangkaian bantuan yang diberikan Rumah Yatim. Di samping itu, sambung dia, bantuan kitab diberikan karena kondisi Alquran yang dimiliki pesantren tersebut sudah kurang layak digunakan.

“Karena Alquran disana sudah pada rusak, banyak halaman yang hilang. Terutama sampulnya sudah pada rusak. Kondisi kurang layak pakai,” ujarnya, kepada jurnalis Rumah Yatim, Senin (6/8).

Sedikitnya sebanyak 40 anak yatim dan dhuafa tinggal dan menimba ilmu di Pesantren Darunnurain. Bahkan, para santri yang menerima Alquran tersebut sangat bahagia dengan bantuan yang diberikan Rumah Yatim. Seluruh anak juga merupakan masyarakat kurang mampu yang tinggal di wilayah tersebut. Bantuan Alquran itu juga, sambung Rusmanto, belum sepenuhnya tercukupi bagi santri. Hal itu, diliat dari jumlah santri yang ada.

Ia berharap, bantuan Alquran yang diberikan Rumah Yatim bisa memberikan dorongan semangat kepada para santri. Agar, seluruh anak bisa nyaman saat membaca Alquran. Apalagi, bantuan Alquran ini juga untuk mendukung hafalan dan bacaan yang sedang di tekuni oleh santri.

“Karena kondisi yang sebelumnya halaman Alquran ada yang hilang,” terangnya.

Selain itu, pemberian bantuan tersebut mendapat respon positif dari pengasuh pondok pesantren. Namun, kata Rusmanto, bantuan tersebut merupakan awal dari apa yang akan disalurkan Rumah Yatim. Dirinya menejelaskan anak mencoba berkordinasi untuk menyalurkan bantuan kitab dan Alquran lanjutan.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-08-06 14:30:58

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat