Santunan Ibnu Sabil Diberikan Rumah Yatim untuk Lansia Penjual Lukisan Keliling

Tim Rumah Yatim Yogyakarta bertemu dengan salah seorang lansia yang tengah berjualan lukisan. Setiap hari lansia itu berkeliling menawarkan lukisan yang dibawanya kepada semua orang. Namun dari lukisan yang dijualnya tidak semua orang mau membeli, belasan bahkan puluhan kilometer jarak yang ia tempuh dengan berjalan kaki berharap ada yang mau membeli.

Dia adalah Joko Setiawan, lansia asal Wonogiri Jawa Tengah ini, hidup sebatang kara di rumahnya. Sang istri telah lebih dulu meninggal dunia dan sang anak yang entah ke mana pergi tanpa kabar. Kepada relawan Rumah Yatim, ia membagikan kisahnya, bahwa lukisan yang dibawanya jarang laku. Dalam sehari, terkadang tidak ada yang membeli sama sekali, dan terkadang hanya laku satu atau dua saja.

“Beliau jualan lukian keliling dengan jalan kaki, penghasilannya gak nentu laku setiap harinya,” ungkap relawan Rumah Yatim Area Yogyakarta, Dede.

Berjualan lukisan itu telah lama ia jalani, hidup sebatang kara dan di bawah garis kemiskinan memaksanya untuk terus berjualan lukisan keliling demi menyambung hidup dari hari ke hari. Meski demikian, Dede menilai lansia 70 tahun itu tetap semangat mengais rezeki yang tidak seberapa, hanya demi sesuap nasi.

Ia mengaku, bertemu dengan lansia itu secara tidak disengaja. Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian, Rumah Yatim beri bantuan untuk memenuhi kebutuhannya lewat program bantuan ibnu sabil. Saat menerima bantuan itu, lansia ini sangat bersyukur, karena bantuan ini belum pernah ia dapatkan sebelumnya.

“Kebetulan ketemu di jalan, karena kasihan kita samperin, terus dia cerita-cerita, kalau selama ini dia cuma hidup sendiri tanpa keluarga,” terangnya. Kendati demikian, Dede berharap bantuan ini bisa membantu dan meringankan beban ekonominya. Terutama bisa memenuhi kebutuhan makannya sehai-hari di tengah himpitan dan keterbatasan ekonominya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend