Sarana Kebersihan Kurang Layak, Rumah Yatim Bangun MCK untuk Santri

Sarana Kebersihan Kurang Layak, Rumah Yatim Bangun MCK untuk Santri

Pesantren Sirojul Athfal yang berlokasi di Kampung Kubangpancal RT 02/02, Desa Cikadongdong, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten, tidak memiliki sarana MCK yang layak bagi santrinya. Hanya berukuran tak lebih dari 1,5 Meter dan terbuat dari bilik bambu usang dan telah berlubang.

Ditambah lantai yang hanya beralaskan tanah kotor, dikhawatirkan dapat menimbulkan beberapa penyakit. Di tempat itu-lah puluhan santri melakukan kegiatan mandi dan bersih-bersih, sedangkan untuk wudhu harus dilakukan di sungai. Minimnya biaya operasional pesantren, membuat sarana MCK itu bertahan hingga 10 tahun. Ditambah letak MCK yang berada di tengah hutan dengan jarak sekitar 50 Meter dari pesantren.

Untuk itu, Rumah yatim Regional Jabodetabek merealisasikan pembangunan sarana MCK untuk pesantren Sirojul Athfal. Peletakan batu pertama berlangsung pada Rabu (1/7) lalu, yang dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat dan Babinsa Serda Eri Priatna, sekaligus merupakan Relawan Rumah Yatim.

Eri Priatna mengungkapkan, saat ini tahap pembangunan baru mencapai 10 persen. Bangunan yang akan dibangun ini akan dibuatkan bangunan yang permanen agar awet. Fasilitas sarana publik ini akan dimanfaatkan oleh 24 santri yang saat ini merasa kesulitan untuk memperoleh sarana kebersihan.

“Untuk wudhu saja mereka harus ke sungai. Sedangkan MCK yang ada sangat tidak layak digunakan, dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai macam penyakit,” jelasnya

Adapun bantuan yang direalisasikan akan dibangun dua kamar mandi dan tempat wudhu. Ia menambahkan, bantuan ini juga untuk mempermudah aktivitas para santri dalam menjaga kesehatannya. Rencananya pembangunan akan diselesaikan dalam waktu satu bulan kedepan

Disisi lain, Eri berharap, jika tidak ada hambatan, bantuan ini bisa cepat selesai agar bisa digunakan para santri yang tidak perlu wudhu ke sungai, lantaran kurang nyaman nya sarana MCK yang ada. Ia juga berharap fasilitas publik yang diberikan Rumah Yatim ini bisa dirawat dengan baik.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend