Sarana MCK Ponpes Jam’iyyatul Muta’alimin Belum Layak, Rumah Yatim Beri Bantuan

Sarana MCK Ponpes Jam'iyyatul Muta'alimin Belum Layak, Rumah Yatim Beri Bantuan

Di balik bilik bambu itu ada kehidupan para santri. Setiap harinya, 40 santri mengisi hari-hari dengan belajar dan mengaji. Di sebuah asrama cukup sederhana itu, mereka terus berjuang menggapai impian.

Ialah Pondok Pesantren Jam’iyyatul Muta’alimin yang terletak di Kampung Warga Saluyu RT 03 RW 15, Kelurahan Cisomang Barat, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, tempat mereka belajar dan tinggal. Pada Jumat (26/6) lalu, Rumah Yatim Area Jawa Barat memberikan bantuan pembangunan dan perbaikan sarana MCK bagi ponpes tersebut.

Pasalnya, kamar mandi di Ponpes itu belum cukup layak. Menurut salah satu pengasuh ponpes, Permana menyampaikan, sebetulnya asrama dan tempat belajar santri juga belum layak, namun yang paling urgent saat ini adalah sarana MCK.

“Bantuan yang diberikan Rumah Yatim sangat bermanfaat, saya bersyukur. Harapannya, di kemudian hari ada bantuan lagi selain sarana MCK,” ungkapnya.

Dikarenakan, kata dia, biaya yang dimiliki Ponpes sangat terbatas. Diketahui, para santri di Ponpes ini tidak dipungut biaya sama sekali, terkhusus anak yatim dan dhuafa. “Kami gratiskan khusus yatim dhuafa, namun bagi mereka yang cukup mampu bisa infak seikhlasnya, tidak dipatok sama sekali,” kata Permana.

Ia melanjutkan, di Ponpes ini ada 16 pengajar dan160 santri. Hanya saja, sambung dia, yang tinggal di asrama hanya 40 santri, karena keterbatasan sarana. “Santri yang tinggal di asrama, kami pilih yatim dhuafa yang benar-benar membutuhkan, bahkan orangtuanya saja sudah menyerahkan, karena tidak sanggup membiayainya,” paparnya.

Hingga berita ini dimuat, pembangunan sarana MCK di Ponpes Jam’iyyatul Muta’alimin sudah memasuki tahap pemasangan dinding dan keramik. Ia berharap, proses pembangunannya lancar dan tidak ada kendala.

“Semoga bisa segera digunakan oleh para santri, sekali lagi terima kasih kepada Rumah Yatim dan donatur yang telah memberikan bantuan ini,” pungkasnya.

 

 

 

Penulis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend