Satu Bulan Sekali Anak Asuh Banjarbaru Khatam Alquran

Terus bersemangat dalam menjalankan program One Day One Juz (ODOJ) menjadi salah satu yang tergambar dari anak asuh Rumah Yatim Banjarbaru. Program rutin yang diterapkan Asrama Rumah Yatim Banjarbaru untuk membiasakan terus membaca Alquran bagi anak asuh.

Menurut pemaparan salah seorang pengurus Asrama Rumah Yatim Banjarbaru, Lingga, penerapan pembiasaan ODOJ tersebut memang sudah rutin dilaksanakan di asrama hampir lima bulan lamanya. Setiap hari, kata dia, anak asuh, ditargetkan bisa membaca Alquran sebanyak satu juz.

“Dalam satu bulan anak-anak bisa khatam Alquran dan emang sudah kegiatan rutin,” paparnya.

Penerapan kegiatan ODOJ sendiri, sambung Lingga, dilakukan di sela aktivitas anak asuhnya. Biasanya, di luar jam belajar akademik dan kegiatan diniyah lainnya. Kegiatan ini pula, kata dia, guna menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Alquran pada diri anak. Agar, anak asuh senantiasa bisa terus mengamalkan dan menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup.

“Untuk melatih dan membiasakan anak terhadap Alquran agar bisa menjadi pedoman hidup,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ODOJ juga untuk memudahkan anak dalam menghafal Alquran. Hal itu dikarenakan, setiap harinya anak asuh harus tetap melaksanakan hafalan ayat Alquran. Bahkan, kata Lingga, anak asuh pula tetap menjalankan hafalan hadits.

“Harapannya semoga anak-anak kelak terbiasa membaca Alquran dan sudah menjadi rutinitas dan tidak meninggalkan dan mengabaikan Alquran,” tuturnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend