SD El Fitra Jadi Tuan Rumah Perayaan HUT Pramuka se-Kecamatan Antapani

Perayaan HUT Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus menjadi momen bersejarah bagi dunia pendidikan Indonesia. Dalam  perayaan tersebut, SD El Fitra menjadi tuan rumah bagi terselenggaranya kegiatan Pesta Siaga Pramuka se-Kecamatan Antapani, yang diselenggarakan oleh Kwarran Antapani, Selasa (14/8).

Kepala SD El Fitra, Erly Savitry mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung program yang sedang digalakan pemerintah setempat. Karena hal ini termasuk pembinaan pemerintah kecamatan. Oleh karena itu, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk melatih kemandirian, kedisiplinan dan menanamkan penguatan karakter lainnya.

“Kami tentunya sangat mendukung kegiatan ini, khususnya pramuka, karena sudah berjaya selama puluhan tahun. Sehingga ketika panitia meminta izin kami untuk menawarkan sebagai tuan rumah, Alhamdulillah kami dukung,” jelasnya saat ditemui di SD El Fitra, Selasa (14/8).

Selain itu, dalam rangka hari pramuka, kata dia, nilai-nilai yang perlu ditanamkan pada anak adalah nilai karakter yang harus dibimbing dan dibina, karena pramuka menjadi salah satu jalan untuk pendidikan karakter anak. Meliputi, kemandirian, keimanan, beribadah, dan berani melakukan sesuatu yang baru. Kemudian melalui pramuka juga, untuk melatih pengetahuan siswa.

“Jadi memang banyak manfaatnya. Pramuka juga termasuk ekskul wajib di SD El Fitra. Karena dengan pramuka, kedisiplinan juga diajarkan. Bukan hanya karakter, tetapi juga diajarkan bagaimana menetukan sikap,” paparnya.

Setelah terselenggaranya perayaan tersebut, diharapkan SD El Fitra dapat terus menjaga komunikasi dengan lingkungan sekitar. Mulai dari aparat setempat, pemerintah, masyarakat, dan sekolah-sekolah yang ada di lingkungan Antapani.

Kendati demikian, ia berharap nama El Fitra semakin dikenal masyarakat luas sehingga dapat memberi banyak manfaat bagi orang lain. “Mudah-mudahan dapat memberi dampak positif bagi orang lain,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend