SD El Fitra Tekankan Pendidikan Karakter dan Diniyah pada Matrikulasi Tahun Ini

Awal tahun ajaran baru, para siswa SD El Fitra mengikuti matrikulasi yang diadakan tenaga pendidik sekolah. Kegiatan ini dilakukan guna memerkuat pendidikan karakter untuk para peserta didik, di SD El Fitra, Jalan Cibodas Raya, No. 49, Antapani, Kota Bandung, Rabu (18/9). Adapun kegiatan matrikulasi ini berbeda konten yang dilakukan setiap tahunnya.

Kepala SD El Fitra, Erly Savitri mengatakan, jika tahun sebelumnya ditekankan lebih kepada akademik, maka pada matrikulasi tahun ini lebih digencarkan pada pendidikan karakter dan pendidikan kediniyahan. Sedangkan dari bidang akademik, hanya pelajaran matematika saja.

“Adapun kegiatannya, targetannya lebih kepada karakter maupun lebih keagamaan. Mereka diperkenalkan tentang adab sopan santun, adab kepada guru, orangtua, teman dan lingkungan hidup,” paparnya saat diwawancarai jurnalis Rumah Yatim, Kamis (19/7).

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu ini, menurutnya, antara pendidikan karakter dan akademik harus berjalan seimbang. Sehingga nilai-nilai akhlak dan agama sangat diutamakan pada matrikulasi kali ini. Karena jika tidak dibekali dengan pendidikan karakter, maka di tahun ajaran selanjutnya akan timpang.

Selain itu, bagian dari pendidikan karakter ini juga mengajarkan pada anak untuk peka terhadap lingkungan. Di antaranya, menyiram tanaman, membersihkan WC, dan rajin mencuci tangan agar tetap bersih. Sedangkan pendidikan kediniyahan diajarkan cara berwudhu dengan baik, tata cara shalat yang benar, mengenalkan dan menjaga pergaulan antara yang mahrom dan bukan mahrom.

“Ada juga materi tentang shiroh Nabawiyah, shiroh para sahabat, BTQ, hafalan hadits, yang nantinya akan diajarkan secara kontinyu,” terangnya.

Ia berharap, melalui pendidikan karakter dan diniyah pada matrikulasi kali ini, dapat membentuk karakter para peserta didik yang berakhlakul karimah. Kemudian, karakter yang sudah ditanamkan ini, dapat menjadi penguat karakter siswa di masa yang akan datang.

 

Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-07-20 09:03:07

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend