Sebelum Berangkat Sekolah, Anak Asuh Pamulang Rutin Murojaah dan Tadarus

Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, anak asuh Rumah Yatim Pamulang rutin melaksanakan murojaah dan tadarus pagi di Asrama Pamulang Jalan R.E. Martadinata, Pamulang Tangerang Selatan. Rutinnya kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperbaiki bacaan anak asuh agar semakin baik dan benar.

“Setoran murojaah biasanya sebelum berangkat sekolah atau selepas shalat subuh, ada murojaah bersama itu selepas tahajud atau sore,” ungkap Kepala Asrama Pamulang, Mustofa.

Dalam sehari murojaah hafalan, kata dia, dilaksanakan dua kali. Setoran hafalan dilakukan masing-masing oleh anak asuh kepada Kepala Asrama. Biasanya satu anak satu surat, namun hafalan setiap anak berbeda. Oleh karena itu, hafalan dilakukan per-anak.

Sedangkan untuk tadarus pagi, sambung dia, dilaksanakan setiap hari selepas shalat subuh dan dzikir pagi. Kegiatan tersebut sebagai upaya Kepala Asrama dalam membantu anak asuh agar memperoleh hafalan yang baik. Bukan hanya sekedar menghafal, pelafalan membaca juga harus sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid.

Kendati demikian, Mustofa berharap melalui kegiatan rutin itu, kualitas bacaan anak asuh menjadi lebih baik. Mengingat saat ini anak asuh sudah terbiasa dengan rutinitas murojaah hafalan dan tadarus pagi.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat