Sedekah Kepada Anak Yatim

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim, (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.” (H.R Bukhari)

Dengan kedudukan istimewanya itu, tidak heran kalau Rasulullah menganjurkan untuk memperbanyak sedekah kepada anak yatim. Ketika memberikan sedekah untuk anak yatim, pahala akan terus mengalir. Rasulullah SAW mengatakan bahwa ada tiga amalan yang pahalanya tidak akan terputus meski seseorang telah meninggal dunia. Tiga amalan tersebut adalah sedekah jariyah, doa anak yang shaleh, serta ilmu yang bermanfaat.

Bersedekah ke anak yatim juga dapat menghindarkan diri dari bala bencana dan marabahaya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa tidak ada musibah serta bencana yang dapat mendahului sedekah. Di waktu yang sama, beliau juga mengungkapkan kalau sedekah mampu menutup 70 pintu kejahatan, (H.R Imam Baihaqi).

Wahai sahabat, setiap harta mu, ada rezeki yang Allah titipkan untuk saudara-saudara kita yang kesulitan menjalani hidupnya, terlebih di masa pandemi yang belum jelas kapan berakhirnya. Bisa jadi sedekahmu menyelamatkan perut banyak orang yang kelaparan.

Jangan takut ketika mengeluarkan sebagian harta kita di jalan Allah. Karena teori matematika Allah, memberi sekecil apapun akan diganti berlipatganda. Selagi Allah memberikan kita kesempatan untuk menghirup udara segar, belum terlambat untuk memuliakan anak yatim.

Mari raih keberkahan abadi dari seluruh harta yang kamu miliki dengan bersedekah kepada anak yatim bulan ramadhan ini.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend