Sejak 1999 Tidak Ada Sumber Air, Rumah Yatim Beri Bantuan Toren

Tidak adanya sumber air di Cikadut RT 1 RW 4, Kelurahan Karang Pamulang, Kecamatan Mandala Jati, Kota Bandung, membuat Rumah Yatim Area Jawa Barat tergerak menyalurkan bantuan sarana publik tersebut, Minggu (28/10). Pemberian bantuan ini untuk bantu penuhi kebutuhan air di wilayah tersebut yang tidak memiliki sumber air.

Menurut informasi yang diperoleh Dadan Rusmana selaku Staf Pemberdayaan Rumah Yatim, sudah sejak 1999 daerah tersebut tidak memiliki pusat sumber air. Selama ini warga hanya mengandalkan air gunung yang dikelola oleh pihak swasta. Namun, menurut warga sering terjadi kendala.

Adapun bantuan yang diberikan pada kesempatan itu berupa satu buah toren air. “Jadi nanti masyarakat di sana memiliki aset untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tahap awal kita  menyerahkan toren secara simbolis,” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut dari program ini, sambung dia, akan dibangun satu buah sumur bor yang nantinya akan digunakan oleh 70 kepala keluarga. Terlebih latar belakang perekonomian mereka berada dalam kategori menengah ke bawah. Oleh karena itu, mereka tidak mampu untuk membangun sumur bor.

“Kita mau menyalurkan bantuan sarana publik pengadaan sumber air bersih dengan bikin sumur bor di sana,” tuturnya.

Kendati demikian, ia berharap bantuan yang diberikan ini dapat memenuhi kebutuhan air di wilayah tersebut. Karena air merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting untuk berbagai kebutuhan minum, mencuci dan kebutuhan MCK lainnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend