Sejumlah Bantuan Disiapkan untuk Wilayah Terdampak Gempa

Saat ini masyarakat terdampak gempa Lombok dan sekitarnya tengah menghadapi krisis pangan dan krisis air bersih. Oleh karena itu, Rumah Yatim Cabang Mataram kembali melakukan persiapan pendistribusian bantuan ke dua wilayah terdampak gempa, di Kabupaten Lombok Utara, Kamis (18/10). Persiapan penyaluran ini dilakukan dengan packing sejumlah bantuan yang akan disalurkan pada pekan ini.

Adapun bantuan yang akan disalurkan kata Amir Sumarna selaku Kepala Cabang Mataram, berupa paket sembako, perlengkapan bayi, sarana MCK dan trauma healing untuk masyarakat terdampak gempa yang hingga saat ini masih menempati pengungsian. Rencananya, sebanyak 150 paket bantuan akan disalurkan ke dua wilayah tersebut.

“Kita sudah mempersiapkan baksos untuk di beberapa daerah yang sudah Di assessment tim relawan, yaitu di Lombok Utara dua tempat, dan Lombok Barat satu tempat. Semuanya daerah terdampak gempa,” terangnya, Kamis (18/10).

Sebelumnya, tim relawan telah melakukan assessment ke wilayah Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat. Namun terbatasnya bantuan yang ada, maka tim relawan nantinya akan menyalurkan bantuan di dua wilayah Kabupaten Lombok Utara karena dampak gempa yang parah.

Menurut hasil survei tim relawan, bahwa saat ini beberapa daerah di kabupaten Lombok Utara tengah mengalami kekurangan pangan dan kelangkaan air. Menurut pantauannya, pasca gempa, ratusan masyarakat tengah menghadapi krisis paling berbahaya, yaitu kelaparan dan kehausan. Terlebih daerah yang akan dikunjungi Rumah Yatim ini ada 200 kepala keluarga.

“Daerah yang akan kita datangi termasuk yang sedang kekurangan pangan dan air, rumah mereka pun hancur rata dengan tanah,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia berharap bantuan ini nantinya bisa meringankan beban mereka yang saat ini tengah menghadapi krisis di berbagai sektor. Terbatasnya bantuan yang ada, maka bantuan itu akan disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar sangat membutuhkan.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend