Selama Covid-19, Anak Asuh Tegal Dipadatkan dengan Kegiatan di Asrama

Selama Covid-19, Anak Asuh Tegal Dipadatkan dengan Kegiatan di Asrama

Pemerintah mengeluarkan kebijakan meliburkan sekolah, untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan para siswa. Hal itu tentunya berdampak pada anak asuh Rumah Yatim Cabang Tegal, yang sudah hampir satu bulan libur sekolah. Meski demikian, anak-anak asuh terus dipadatkan dengan kegiatan belajar di asrama.

“Walau libur, mereka tetap belajar di rumah, karena setiap harinya pihak guru memberikan PR sesuai jadwal pelajaran harian,” kata Kepala Asrama Rumah Yatim Tegal, Jajang Khoeruman.

Oleh karenanya, Jajang memadatkan kegiatan di asrama. Baik itu kegiatan diniyah maupun kegiatan umum lainnya. Yakni dengan lebih banyak menambah kegiatan keagamaan, dan belajar bersama mengerjakan tugas sekolah.

Ia menambahkan, dimulai dari bangun tidur, anak asuh harus tetap bangun subuh untuk shalat tahajud dan shalat subuh. Kemudian, dilanjut tadarus dan kerjabakti membersihkan asrama. Setelah itu, sarapan, belajar bersama hingga menjelang shalat dzuhur.

“Nah di waktu antara shalat dzuhur dan ashar ini, anak asuh diberi waktu untuk bermain, biar tidak jenuh, tapi mainnya hanya boleh di dalam asrama,” tutur Jajang.

Di sore hari, kata dia, anak asuh biasa menghafal bacaan Al-Quran, dan menyetor hafalannya hingga menjelang adzan magrib. Setelah shalat magrib, anak asuh mengaji bersama hingga shalat isya. Dilanjut makan malam dan pemberian tausiyah dari Kepala Asrama dan kemudian tidur. Hal itu dilakukan anak asuh setiap harinya.

“Semoga anak asuh tidak bosan di asrama, dan bisa terus ceria. Dan yang terpenting, bisa terhindar dari virus yang membahayakan ini,” ungkapnya.

 

 

 

Jurnalis: Anjar Martiana
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend