Semangat Anak Asuh Rawasari Menghafal Hadits

Tanpa henti dan penuh semangat, itulah gambaran dari anak asuh Rumah Yatim Rawasari. Setiap hari anak asuh dari berbagai tingkat pendidikan ini terus membuka lembar demi lembar bacaan hadits. Kegiatan ini dilaksanakan di Asrama Rawasari, Jalan Rawasari Selatan No. 28, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Selasa malam, menjadi warna yang berbeda. Selepas shalat magrib, seluruh anak sudah bersiap membawa masing-masing catatan pribadinya. Dibukanya halaman terakhir yang pernah dibaca dan dikaji. Menuturkan kembali kalimat demi kalimat hadits yang pernah dibaca.

Bahkan, tidak jarang sesekali antar anak asuh saling bertanya. Hal ini dikarenakan, setiap anak asuh harus saling membantu dalam hafalan sesama anak asuh. Tidak banyak, kata Kepala Asrama Rumah Yatim Rawasari, Ikin, anak asuhnya hanya diharusnya menghafal dua hadits dalam satu pekan.

Hal ini dikarenakan, sambung dia, pembiasaan hadits maupun hafalan ayat suci Alquran agar bisa membentuk karakter anak asuh. Di sisi lain, kegiatan hafalan hadits ini akan berlangsung hingga malam dianggap sudah semakin larut. Namun, biasanya diselingi dengan kegiatan diniyah atau pembelajaran lainnya.

“Alhmdulillah anak semangat dalam menghafalnya. Ya walaupun agak sedikit berat tapi anak-anak selalu ikhlas dan dalam satu minggu sekali mereka bisa menghafal dua hadits bahkan ada yang lebih,” papar Ikin, dalam kesempatan yang berbeda, Rabu (21/11) malam.

Ia mengungkapkan, dirinya selalu mendukung setiap kegiatan yang menunjang kemampuan anak. Apalagi bisa menunjang pribadi anak yang menjadi lebih baik. Namun, sambung dia, dirinya tetap menyeimbangkan materi diniyah untuk anak dan pembelajaran formal sekolahnya.

“Semoga anak-anak menghafalnya bisa terus istiqomah dan bisa mengamalkannya di masa mendatang,” kata Ikin.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend