Semangat Juang Epul Penyandang Disabilitas Asal Tasikmalaya

Semangat Juang Epul Penyandang Disabilitas Asal Tasikmalaya

Semangatnya tak pernah surut, bahkan sekilas dirinya tidak berbeda dari anak remaja lainnya. Bermain sepak bola dan bersepada menjadi hobi yang terus dijalaninya hingga kini. langkah kakinya sekilas tidak berbeda, tegap dan berjalan sewajarnya.

Adalah Saepullohi, salah seorang anak penyandang disabilitas asal Tasikmalaya yang terus semangat dalam menjalani aktivitas sehari hari. Sejak kelahirannya 14 tahun silam, Epul sapaan akrabnya, sudah berjuang dengan kekuruangan yang ada pada dirinya. Saat ini, kaki kiri Epul telah dipasang alat bantu gerak (kaki palsu) untuk menopang seluruh kegiatannya.

Dibalik itu semua ada kedua orang tuanya, M. Tamsil (53) dan Oomromlah (49), yang membuat Epul tumbuh menjadi remaja yang penuh semangat. Epul saat ini tercatat sebagai siswa Kelas VII di salah satu sekolah umum yang ada di Tasikmalaya.

Walaupun berbeda dari anak lainnya Epul tidak merasakan kendala saat bersekolah maupun bermain. Diakuinya, saat ini pula ia bisa mengendarai sepeda dan sepeda motor dengan lancar. Kekurangannya ini pula tidak menutup ruang geraknya untuk bercengkrama dengan teman sebaya.

“Alhamdulillah walaupun dengan kondisi seperti ini, Epul masih semangat utnuk sekolah dan bisa menjadi orang yang kuat,” ucapnya, saat ditemui dikediamannya di Kampung Karangsari RT 01 RW 05, Kelurahan Sukamantri, Kecamatan Ciawi, Tasikmalaya, Kamis (18/6)

Epul sendiri merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Kedua kakaknya saat ini duduk dibangku sekolah menengah atas. Kedua orang tuanya pula, hanya berjualan kecil kecilan di rumahnya. Sebab, sudah hampir enam bulan lamanya ayah Epul tidak bekerja pasca kecelakaan kerja yang menimpanya.

Ia bercerita, keinginan besarnya menjadi seorang pemain sepak bola profesional. Karena itu, terkadang kaki palsu yang dikenakannya sering lepas dan rusak akibat semangatnya dalam bermain sepakbola.

Nasihat dan dorongan kedua orang tuanya menjadi salah satu modal utama yang membuat Epul terus bersemangat. Kini pula, ia aktif dalam komunitas gowes yang setiap dua pekan seklai melakukan kegiatan menyusuri jalanan belasan kilometer di Tasikmalaya.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend