Setahun Tak Berdaya, Mbah Ponco Tutup Usia

Setahun Tak Berdaya, Mbah Ponco Tutup Usia

Kabar duka datang dari salah satu mustahik Rumah Yatim, Ponco Sumarto. Lansia berusia 90 tahun warga Guling Gadingan, Argomulyo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Ia dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 9 Juli 2020 Pukul 15.15 kemarin.

Mbah Ponco biasa ia dikenal, meninggal diduga akibat kondisinya yang sudah tua dan sering mengalami sakit-sakitan. Sebelumnya, Rumah Yatim telah melakukan penggalangan dana untuk kesembuhan Mbah Ponco. Namun takdir berkata lain, Allah lebih sayang Mbah Ponco.

Diketahui, saat ini Mbah Ponco telah dimakamkan diperistirahatannya yang terakhir, yakni di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Korya, Dusun Gayam, Kelurahan Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Iya meninggal karena sakitnya itu. Beliau sudah ga bisa apa-apa selama setahun,” kata Caruti Fuji, Relawan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, usai mengunjungi rumah duka, Sabtu (11/7).

Di usianya yang hampir satu abad, Mbah Ponco meninggalkan istri, 7 anak, 17 cucu, dan 8 buyut. Untuk itu, Rumah Yatim Cabang Yogyakarta memberikan bantuan paket sembako untuk kebutuhan keluarga Mbah Ponco. Selain itu, rencananya Rumah Yatim akan membantu membiayai untuk pembuatan batu nisan Mbah Ponco, serta biaya untuk tahlilan. Uang yang telah terkumpul pula akan diberikan kepada keluarganya, serta akan disalurkan untuk lansia dhuafa lain.

“Semoga amal baiknya di terima di sisiNya, dan di tempatkan di surgannya aamiin. Dan keluarga di beri kesabaran. Terima kasih para donatur yang telah bantu Mbah Ponco,” tutur Puji.

 

 

 

Penulis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend