Setiap Hari Anak Asuh Kaliurang Rajin Setor Hafalan Alquran

Menghafal Alquran merupakan salah satu kegiatan wajib bagi anak asuh Rumah Yatim. Setiap harinya anak asuh harus menyetorkan hafalannya kepada para pengurus asrama masing-masing. Jumlah setoran hafalan dari anak asuh pun beragam, ada yang mampu menghafal satu ayat satu hari, adapula yang mampu menghafal tiga ayat dalam satu hari.

Salah satunya, anak asuh di Rumah Yatim Kaliurang Yogyakarta, dalam satu hari mereka mampu menghafal tiga sampai lima ayat. Setiap selepas kegiatan murojaah hafalan subuh, mereka selalu menambah hafalannya. Supaya hafalannya bisa terus diingat, anak-anak selalu murojaah hafalannya di sekolah.

Kepala Asrama Rumah Yatim Kaliurang Tohsin mengungkapkan, kegiatan setor hafalan dilakukan setiap malam sebelum kegiatan belajar dimulai. “Alhamdulillah anak-anak selalu menyetorkan hafalan dengan fasih. Untuk anak asuh tingkat SD mampu menghafal sebanyak dua ayat. Sedangkan untuk anak asuh tingkat SMP dan SMA sudah mampu menghafal sebanyak tiga sampai lima ayat,” paparnya, Kamis (29/3).

Tohsin mengatakan, jika sampai saat ini anak asuhnya sudah mampu menghafal sebanyak dua hingga empat juz Alquran. Anak asuh SD sudah hafal juz 30 dan juz 1, sekarang sedang melanjutkan hafalan di juz 29. Sedangkan anak asuh SMP dan SMA sudah hafal di juz 30, 29, 28, dan juz 1, sekarang mereka sedang menghafal ayat di juz 2.

“Semoga kegiatan ini bisa diterapkan sampai mereka dewasa nanti, semoga kelak mereka bisa menjadi seorang hafidz dan bisa menerapkan pembiasaan ini kepada keluarga, teman dan saudara mereka,” pungkas Tohsin.

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-03-29 12:55:57

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend