Silaturahmi Virtual Obat Rindu Anak Asuh Lodaya kepada Keluarga

Silaturahmi Virtual Obat Rindu Anak Asuh Lodaya kepada Keluarga

Mudik dan berkumpul dengan sanak keluarga di hari lebaran merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Namun karena adanya pandemi Covid-19, pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran Corona secara masif ke daerah lain.

Termasuk yang dirasakan anak asuh asrama Rumah Yatim Lodaya saat tidak memiliki kesempatan mudik lebaran di tahun 2020. Cerita ini disampaikan oleh Kepala Asrama Lodaya, bahwa ada sebagian anak asuhnya memilih untuk bertahan di asrama dan merayakan hari raya Idul Fitri tanpa sanak keluarga.

“Sebagian anak itu tidak mudik, karena wilayah kampung halamannya termasuk zona merah corona. Imbas dari penyebaran Covid, sehingga orangtua atau wali mereka kesulitan untuk menjemput,” terang Dhian Risdian, selaku kepala Asrama Lodaya, pada Rabu (3/6).

Menurutnya Perasaan Suka duka turut mewarnai moment lebaran di tahun ini. Meskipun anak-anak sempat kecewa dan sedih karena rindu dengan orangtua dan sanak keluarga, mereka bisa menerima keadaan dengan berbesar hati. Terlebih momen ini yang sangat ditunggu-tunggu karena hanya ada satu kali kesempatan dalam setahun.

“Suatu momen spesial yang dirasakan semua orang, sedangkan mereka tidak bisa merasakan kehangatan suasana lebaran bersama keluarga,” ujarnya

Meski demikian, kata dia, anak-anak tetap bisa melaksanakan silaturahmi virtual dengan sanak keluarganya di kampung halaman untuk melepas rasa rindunya. Silaturahmi virtual ini sebelumnya di fasilitasi asrama da didampingi oleh pengurus asrama Rumah Yatim Lodaya. Disamping itu, berbagai kegiatan keasramaan tetap dijalankan untuk mengisi waktu libur lebaran. Seperti tadarus, muroja’ah hafalan, ibadah sunah dan shalat berjama’ah.

Selama tidak mudik, anak asuh tetap didampingi oleh kepala asrama dan ibu asrama. “Sebenarnya abi/uminya juga seharusnya libur tapi karena sebagian anak gak pulang mereka juga jadi ikut di asrama bersama anak asuh,” pungkas Risdian.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend