Sinabung Kembali Erupsi, Rumah Yatim Terjunkan Relawan Guna Bantu Masyarakat

Sinabung Kembali Erupsi, Rumah Yatim Terjunkan Relawan Guna Bantu Masyarakat

Pandemi Covid-19 belum usai, masyarakat Sumatera Utara kembali dikejutkan dengan erupsi Gunung Sinabung. Setelah sekian lama tertidur, gunung yang terletak di Kabupaten Karo itu bangun kembali, pada Minggu (9/8). Letusan diiringi dengan melambungnya abu vulkanik, dengan ketinggian hingga 2000 meter di atas puncak.

Dari informasi terbaru, pada Senin (10/8) Gunung Sinabung mengalami peningkatan erupsi dengan ketinggian debu hingga 7000 meter. Melihat hal itu, Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara menerjunkan beberapa relawannya untuk membantu masyarakat, Selasa (11/8).

Bersama dengan lembaga lainnya di Forum Zakat (FoZ) Sumut, Rumah Yatim melakukan aksi peduli Sinabung. Aksi yang dilakukan ialah membersihkan jalan dan sarana publik yang dipenuhi abu vulkanik di Desa Semangat Gunung, Kec. Merdeka, Kabupaten Karo. Hal ini dilakukan untuk membantu dan meringankan beban masyarakat terdampak.

Adapun relawan yang diberangkatkan menuju lokasi bencana, berasal dari 13 lembaga, yaitu Ulil Albab, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), BSMI, Rumah Yatim, Rumah Zakat, Global Zakat, Abdurrahman Bin Auf (ABA), Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Yakesma Sumut, DT Peduli, PPPA Daarul Qur’an, Nurul Hayat (NH) Zakat Kita, Dompet Duafa (DD) Waspada, HI.

Selain membersihkan jalan, para relawan juga membawa berbagai bantuan masker, makanan, minuman, dan obat-obatan. Ibnu mengatakan, rencananya pada hari ini Rabu (12/8), Rumah Yatim akan memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

“InsyaAllah kami akan salurkan 1000 bantuan sembako ke lokasi yang cukup parah terkena dampaknya, semoga lancar dan bermanfaat bagi mereka,” kata Ibnu.

Pasalnya, ungkap Ibnu, masyarakat di sana mayoritas adalah para petani, sehingga mereka semua gagal panen akibat erupsi Sinabung. “Pandemi juga membuat mereka sulit, ditambah erupsi gunung, sehingga membuat mereka semakin sulit mencari sesuap nasi,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia bersama tim Rumah Yatim sedang menyiapkan bantuan sembako guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya. “Semoga aksi ini meringankan beban warga terdampak di wilayah sekitar Gunung Sinabung,” tutup Ibnu.

 

 

Penulis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend