Siswa SD El Fitra Juara 2 Lomba Sains Adventure se-Indonesia

Lima siswa SD El Fitra berhasil meraih juara 2 Lomba Sains Adventure dalam Festival Tunas Al Quds 3, tingkat SD dan SMP se-Indonesia, yang diselenggarakan oleh SMP Nurul Fikri, Sabtu (17/11) lalu. Lomba tersebut berjalan dengan menyelesaikan berbagai tantangan dari satu pos ke pos yang lain.

Bertempat di SMP Nurul Fikri, Lembang, Kabupaten Bandung, lima siswa yang diikutsertakan duduk di bangku kelas 5 dan 4. Ialah, Hanif mulki, Nazran Khairuzan Azhar, Muhamad Hasbi As-shidiq, Rasikh Syatir Saputra, dan Khalifa Perwirabangsa Nararya. Koordinator bidang lomba, Gina menuturkan, peserta ditantang untuk menyelesaikan tantangan dari pos ke pos dengan diuji pengetahuan tentang sains.

“Jadi kegiatannya ini lebih kepada menyelesaikan tantangan, dan tantangannya itu terkait banyak pengetahuan sains,” ungkapnya.

Ia menerangkan, pada kesempatan ini siswa membawa alat sains sederhana berupa mobil balon. Alat tersebut sebelumnya telah dirakit dulu untuk melakukan percobaan. Pada lomba ini  siswa diberi petunjuk perjalanan. Dari lomba inilah untuk membangun kekompakan dalam setiap kelompok agar tetap solid dalam menghadapi tantangan yang ada.

Menurut pantauannya, peserta didiknya itu cepat dan tanggap dalam penguasaan materi serta kreativitas yang diciptakan membuat mereka bisa menyelesaikan tantangan dengan baik dan benar. Bahkan jargon SD El Fitra pun turut dikumandangkan saat lomba berlangsung

“Membangun kekompakan itu cukup lama, namun kali ini mereka bisa solid dan kompak, Alhamdulillah ini membawa kebanggaan tersendiri untuk kita,” tuturnya.

Ia berharap, bakat dan potensi yang ada pada diri siswa lebih dieksplor lagi untuk menemukan kreativitas dan inovasi yang baru. Menurutnya, menang dan kalah adalah persoalan akhir, namun yang terpenting adalah sudah berusaha. Dalam hal ini, pihak sekolah turut mengapresiasi siswa yang telah berusaha membuat bangga sekolah maupun orangtuanya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend