Siswa SD El Fitra Lakukan Sains Project Eksperimen Telur Terapung

Berbagai upaya dilakukan tenaga pengajar untuk mengasah kemampuan dan kreativitas para peserta didik. Tak terkecuali, siswa SD El Fitra melakukan eksperimen sains project yang berjudul telur terapung di SD El Fitra, Jalan Raya Cibodas No. 49, Antapani Tengah, Kota Bandung, Kamis (8/8). Eksperimen ini merupakan bagian dari kurikulum sains project yang ada di SD El Fitra.

Salah seorang guru sains, Luthfiani Siti Nurrohmah mengungkapkan, sains project kali ini melakukan percobaan sederhana yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari eksperimen kali ini, secara tidak langsung mengajarkan kepada anak tentang masa jenis suatu benda.

“Hari ini anak-anak melakukan percobaan sederhana yang mungkin bisa ditemukan dalam hal paling dekat, melakukan eksperiman, membantu dan mengasah kreativitas anak-anak juga,“ terangnya saat ditemui di SD El Fitra, Rabu (8/8).

Sebelum percobaan dimulai, kata dia, harus didemonstrasikan terlebih dahulu agar para siswa dapat memahami cara kerjanya. Adapun cara kerjanya harus menyiapkan alat dan bahan yang berupa air, gelas plastik, garam dan telur. Kemudian diberi tahu step by step bagaimana melakukan percobaannya tersebut sehingga sampai anak mengerti dan paham.

“Setelah itu, kemudian melakukan uji coba pemahaman mereka dalam menyimak peragaan tadi,” sambungnya.

Selain itu, eksperimen dalam sains project ini menurutnya merupakan salah satu keunggulan dari SD El Fitra yang berbasis Islamic Scientific. Bahkan eksperimen dari sains project ini sering diikut sertakan dalam lomba. Untuk lomba yang terakhir, SD El Fitra berhasil menyabet juara kedua dalam perlombaan sains.

Ia berharap, para peserta didiknya dapat semakin kreatif dan semakin terasah kemampuannya. Serta semakin kritis lagi, agar dapat melakukan percobaan di rumah, sehingga menemukan temuan yang luar biasa.

 

Reporter: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend