Siswa SMP IT BIU Berlatih Public Speaking Lewat Kultum

Selain membaca dan menulis, kemampuan komunikasi sangat penting dipupuk sejak dini. Khususnya berbicara di depan umum atau public speaking. Kecapakan komunikasi yang baik memengaruhi keberhasilan pelajar di masa depan.

Beragam kegiatan dilakukan pihak SMP IT Bina Insan Unggul (BIU) untuk melatih public speaking pada anak didiknya. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan kuliah tujuh menit (kultum) setiap Rabu dan Jumat pagi usai kegiatan pembiasaan tadarus dan shalat Dhuha.

Kegiatan ini wajib diikuti seluruh siswa, salah satu siswa yang mendapat giliran kultum mesti berani menyampaikan ¬†materi di depan teman sekelasnya. “Kami memberikan mereka kebebasan untuk menyampaikan materi, asalkan materi tersebut berasal dari Alquran, hadits, internet maupun buku keagamaan,” ungkap Endang, Wakasek bagian Kesiswaan SMP IT BIU, Jumat (14/9).

Ia merasa bersyukur karena program ini telah berjalan dengan baik. Program ini pun telah merubah kepribadian anak didiknya yang asalnya malu-malu ketika menyampaikan materi kultum, kini sudah berani.

“Selain untuk melatih public speaking anak-anak, kegiatan ini pun bertujuan untuk membentuk akhlak karimah dan karakter mereka. Sehingga menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan beradab serta menumbuh kembangkan berbagai potensi dan bakat dalam kepemimpinan, komunikasi dan keberaniannya, sehingga memiliki bekal dalam menghadapi masa depan yang semakin kompetitif,” papar Endang.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat