Siswa SMP IT BIU Raih Juara 2 Lomba Science Project se-Jabar

rumah yatim

‘Tiada hasil yang mengkhianati usaha.’ Kalimat ini merupakan kalimat yang pantas diberikan kepada Melisa Nurmeilani, Nurhikmah dan Marsya. Ialah ketiga siswi dari SMP IT Bina Insan Unggul (BIU). Karena usaha, kerja keras dan pantang menyerahnya, mereka berhasil menjadi juara dua lomba science project kelompok tingkat SMP se-Jabar yang diadakan MTs Informatika Miftahul Huda Expo, Sabtu (31/3).

Melisa Nurmeilani salah satu peserta lomba mengungkapkan, jika pada saat lomba, ia dan kedua rekannya membuat karya science project berjudul free energy eternal. Mereka menggunakan prinsip kerja pengubahan energi listrik yang bersumber dari batu baterai menjadi energi gerak kemudian dari energi gerak menjadi energi listrik yang menghasilkan cahaya pada Light Emitting Diode (LED) dan bunyi bazer.

Ia pun memaparkan, keberhasilan ini tidak diperolehnya dengan mudah. Perjuangan ia dan rekannya untuk mengikuti lomba ini sangatlah besar. Banyak sekali tantangan yang harus mereka hadapi untuk membuat projek ini, mulai dari kesulitan mencari bahan dan alat, di H-1 perlombaan mereka sempat dibuat nangis dan putus asa dikarenakan jurnal dan alatnya belum selesai.

Tak cukup sampai disitu, ketika tampil sempat gagal, percobaannya tidak berjalan dikarenakan salah satu kabelnya terputus. Tapi mereka tetap tenang dan terus berusaha memperbaiki, sampai akhirnya kami bisa mengatasi semuanya, mereka pun mampu menjawab pertanyaan juri dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah usaha dan kerja keras kami berbuah manis, kami bangga bisa membawa harum SMP IT BIU,” ungkap Melisa.

Dirinya berharap, apa yang ia dan rekannya lakukan bisa menjadi motivasi untuk adik kelasnya, dan ke depannya bisa membuat projek yang lebih baik lagi.

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-04-05 18:13:09

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend