SMP IT BIU Ajarkan Operasi Semut Guna Cintai Lingkungan Sekolah

Untuk mengenal lingkungan sekolah yang baru, SMP IT BIU mengajarkan operasi semut bagi seluruh siswa-siswinya, Senin (17/7). Kegiatan ini merupakan upaya pihak sekolah agar seluruh siswa mencintai lingkungan sekolahnya seperti rumah kedua. Karena lokasi SMP IT BIU saat ini adalah tempat yang baru dari sebelumnya.

“Karena kita baru pindah ke tempat yang baru setelah MPLS. Supaya siswa mengenali lingkungan yang baru, kita juga minta bantuan bersih-bersih dulu, agar lebih care terhadap lingkungan,” ungkap Endang Giriyanti, selaku Wakil Kepala Bagian Kesiswaan.

Ia juga menuturkan, operasi semut ini agar para siswa lebih peduli dan peka terhadap lingkungan. Oleh karena itu. hal itu diajarkan sedini mungkin. Istilah operasi semut ini sama seperti gotong royong.

“Diistilahkan seperti semut karena perumpamaannya seperti hewan yang disiplin dan mau bekerjasama satu sama lain. Maka dari itu, kita ingin anak-anak solid layaknya keluarga tidak ada yang unggul satu orang,” paparnya, Rabu (18/7).

Bukan hanya kelas saja yang dibersihkan, kata dia, tetapi juga lingkungan lain juga perlu dibersihkan. Kemudian siswa dibiarkan untuk memecahkan masalah dengan alat kebersihan yang diberi terbatas. Hal itu dilakukan agar peserta didik mandiri dan pikirannya terbuka dalam mencari solusi. Sehingga semua civitas akademika dapat menikmati fasilitas yang ada.

Endang berharap, kegiatan ini dapat tetap rutin dilaksanakan, agar anak-anak peka terhadap lingkungan sekitar. Sehingga nantinya dapat lebih peduli lagi sehingga semua pihak dapat dengan nyaman menikmati lingkungan yang bersih.

 

Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-07-19 09:18:41

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend