Sutiyem Lansia Asal Yogya Terpaksa Berhutang Demi Nafkahi Keluarga

Sutiyem Lansia Asal Yogya Terpaksa Berhutang Demi Nafkahi Keluarga

 

Sutiyem (63) merupakan lansia yang tengah berjuang menafkahi keluarganya. Di usia senjanya ia harus tetap bekerja keras, sebab ia menjadi satu-satunya tulang punggung dan harapan bagi keluarganya. Pasalnya sang suami yang sudah tua dan sakit-sakitan kini tak kuat lagi. Jangankan untuk bekerja, untuk beraktivitas saja sulit.

Terlebih lagi anak semata wayangnya diketahui menderita gangguan jiwa, alhasil dialah yang menjadi tulang punggung untuk menghidupi suami, anak dan cucunya. Setiap hari Sutiyem pergi ke ladang untuk bercocok tanam, berharap mendapat uang dari hasil tanaman yang akan ia jual.

“Anaknya sudah menikah, punya istri dan 2 orang anak. Tapi istrinya difabel jadi bekerja hanya sebisanya,” tutur Relawan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, Sigit.

Selain memenuhi kebutuhan keluarga, Sutiyem harus menafkahi kedua cucunya yang masih sekolah. Meskipun rasa lelah seringkali mendera tubuh rentanya, namun dengan perasaan ikhlas ia rela setiap hari pergi banting tulang demi keluarganya tercinta.

Namun karena penghasilannya yang tak seberapa, dengan terpaksa Sutiyem meminjam uang kepada tetangga. “Sekarang utangnya sampai 3 juta. Bagi dia tiga juta itu sangat besar,” imbuh Sigit.

Atas kondisinya tersebut, Rumah Yatim Cabang Yogyakarta menyambangi kediamannya di Dusun Ngande-ande rt 02 rw 12, Desa Purwodadi, Kec. Tepus, kab. Gunungkidul, Yogyakarta, untuk memberinya bantuan Gharimin yang bisa ia gunakan untuk melunasi hutangnya. Selain itu, Rumah Yatim pun memberikan bantuan perlengkapan sekolah untuk menunjang kebutuhan pendidikan kedua cucunya.

 

 

 

Penulis : Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend