Tak Miliki Rumah dan Harta Benda, Suryana dan Keluarga Dapat Bantuan Rumah Yatim

Pakaian yang lusuh dipakai oleh mereka, satu keluarga dari Dusun II A, Kelurahan Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Mereka merupakan keluarga prasejahtera yang tidak memiliki rumah dan harta benda. Kehidupannya kini hanya menumpang di tanah milik orang lain.

Rumah panggung dengan bilik berlubang menjadi singgahan mereka saat malam dan musim penghujan. Sehari-hari kini kepala keluarga mereka, Suryana, hanya bekerja serabutan sana sini membantu para tetangga. Hal itu dilakukannya hanya untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari keenam anaknya.

Senyum kebahagiaan masih melekat pada Wahyuni, ibu dari keenam anak tersebut. Sambil menggendong si buah hati yang baru berusia beberapa bulan, ia tak hentinya mengucapkan terima kasih. Rasa syukur selalu dipanjatkan keluarga tersebut atas segala kekurangan yang sedang mereka nikmati saat ini.

Menurut pemaparan aparatur pemerintahan setempat, Siti Hidayanah, keluarga Suryana memang terbilang miskin. Tidak memiliki rumah maupun harta yang berharga. Saat ini hanya pakaian yang menempel pada tubuh mereka dan beberapa lainnya disimpan di rumah panggung. Sehari-hari, kata dia, keluarga Suryana hanya mengandalkan kubangan air untuk mandi dan keperluan lainnya.

“Jauh dari kata layak, mereka sumur saja tidak punya, dan kami juga tidak tahu mereka makan dari mana sehari-harinya,” papar Yanah, sapaan akrabnya.

Terketuk hati Yanah, selama ini keluarga Suryana tidak merasakan manfaat bantuan dari pemerintah. Karena, belum memiliki sejumlah persyaratan administrasi. Namun, saat ini beberapa bantuan yang masuk terutama dari Rumah Yatim Cabang Lampung bisa dirasakan manfaatnya oleh keluarga Suryana.

“Alhamdulillah, sejak ada Rumah Yatim kami bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama untuk keluarga mereka, karena memang sangat layak untuk dibantu,” tuturnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend