Tak Miliki Sarana MCK, Rumah Yatim Bangun Empat Kamar Mandi di Ponpes Riyadussalam Pandeglang

Sarana MCK merupakan sarana penting yang perlu dimiliki setiap bangunan, salah satunya pondok pesantren. Namun, Ponpes Riyadussalam yang berada di Parung Kokosan, Pandeglang tidak memilikinya.

Menurut penuturan dari Relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek, Ali Ridwan mengatakan, tidak adanya dana yang cukup sehingga ponpes tidak memiliki sarana MCK. Mayoritas, kata dia, para santri di sana memang berasal dari keluarga prasejahtera.

“Banyaknya anak yatim atau piatu juga, sehingga di ponpes ini tidak dipatok biaya,” ujarnya. Jika ingin melakukan kegiatan MCK, para santri harus pergi ke saluran irigasi bendungan Cibaliung.

Hal itu, lanjutnya cukup riskan dan mengkhawatirkan. Apalagi jumlah santri di sana ada 52 orang. “Mereka sangat memerlukan sekali sarana MCK, agar belajar lebuh fokus dan nyaman,” tuturnya.

Melihat kondisi itu, Rumah Yatim membangun sarana MCK bagi ponpes tersebut. Penyaluran bantuan dilakukan pada Sabtu (6/3) sebagai upaya memenuhi kebutuhan MCK para santri.

“InsyaAllah akan dibangun empat ruang MCK, harapannya dengan bantuan dari Rumah Yatim dapat bermanfaat. Semoga pembangunannya lancar dan segera rampung,” jelasnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend