Tambah Pengalaman, Anak Asuh Dilibatkan dalam Pembagian Sembako

rumah yatim

“Kami hanya mengarahkan dan mengontrol saja, untuk eksekusinya mereka yang melaksanakan sepenuhnya,” kata Kepala Cabang Rumah Yatim Surabaya Agus. Ia memberikan kepercayaannya kepada anak asuh untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan penyaluran sembako di Dinoyo Tenun Kelurahan Keputran Kecamatan Tegal Sari.

Agus mengakui, tak sulit mengarahkan anak-anak asuh Rumah Yatim Surabaya yang sudah cukup terlatih untuk berbagai kegiatan. Ia hanya mengarahkan tugas mereka pada saat breefing saja. Setelah itu, mereka langsung terjun kelapangan dengan kontrol dan arahan darinya.

Kegiatan kali ini anak-anak diberi amanah untuk jadi tim registrasi, dokumentasi, pembagian sembako dan pengatur acara. Agus berharap, dengan terlibatnya anak-anak dalam acara besar bulanan ini, akan muncul rasa empati dalam diri anak-anak dan menambah pengalaman.

“Intinya bekerja itu tidaklah mudah dan kegiatan ini memberikan pengalaman yang sangat berarti bagi anak-anak,” tuturnya.

Untuk menumbuhkan empati, anak-anak diajak untuk menyalurkan sembako secara langsung. Bahkan, ia meminta anak asuhnya itu untuk mengantar nenek yang sudah tak mampu berjalan hingga sampai ke rumahnya. Untuk memberikan pengalaman kerja, anak-anak diajarkan untuk memanage semua kegiatan dari pengangkutan sembako, menjadi MC, dan merapihkan data para mustahik saat registrasi.

Agus merasa bangga, karena dengan bantuan anak-anak tersebut, dirinya merasa terbantu, pekerjaannya jauh lebih efisien. “Alhamdulillah dengan terlibatnya anak-anak, kegiatan berjalan lancar, pendataan jauh lebih cepat sehingga laporan pertanggungjawaban pun jauh lebih cepat,” paparnya.

Tak lupa, setelah acara selesai, Agus pun mengevaluasi kinerja anak-anak. Pada evaluasi tersebut, ia pun memaparkan kelebihan anak-anak dan kekurangannya. Jadi ada hal yang harus dipertahankan dan ada hal yang harus diperbaiki.

 

Di tulis oleh : Enuy Nurhayati Pada tanggal 2018-04-03 15:04:12

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend