Tempati Rumah Kosong, Lilis Besarkan Kelima Anaknya

Tempati Rumah Kosong, Lilis Besarkan Kelima Anaknya

Bangunan tua itu menjadi satu satunya tempatnya untuk berteduh. Usang dan tak terawat, gambaran awal pertama kali melihat kondisi rumah yang saat ini ditempat oleh Lilis Suryani dan kelima anaknya. Diketahui rumah tersebut sudah lama tidak digunakan oleh pemiliknya (rumah kosong). Sudah sekian lama Lilis dan anak anaknya menemparti rumah tersebut.

Terletak di Desa Tegalandong, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Lilis tetap bersemangat memberikan nafkah untuk kelima anaknya. Karena, sejak ditinggal mendiang sang suami, Lilis harus bekerja jauh lebih keras, mulai dari menerima pekerjaan dari orang lain hingga berjualan rujak. Terlebih saat ini, pandemi Covid-19 membuat Lilis harus lebih sering berdiam di rumah,

“Ibu Lilis belum punya rumah, itu rumah kosong punya orang dan ikut numpang di situ. Kondisinya pun tak layak huni,” ungkap Jajang Khoeruman, Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal.

Sehari-hari, saat ini untuk bertahan hidup Lilis berdagang rujak bebek (red: tumbuk). Ia biasa berjualan di dekat Alun-alun Tegal dari pukul 11.00-15.00 petang. Dari hasil berjualan, Lilis baisanya bisa membawa pulang 25-30 ribu rupiah. Namun, tak jarang ia hanya bisa berdoa karena rujak yang dijualnya sepi pembeli. Terutama saat ini, imba Covid-19 membuat pemasukan Lilis berkurang drastis.

Lewat penghasilan yang  sangat minim tersebut Lilis harus membiayai kelima anaknya baik sandang, pangan, maupun pendidikannya. Karena diketahui saat ini, anak ketiga dan keempat Lilis, Lizan Ahsanul Amir (11) dan Almi Zulham Amir (7), masih duduk dibangku sekolah dasar dan memiliki semangat belajar yang sangat besar.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim Cabang Tegal memberikan bantuan sembako bagi Lilis dan keluargan, pada Kamis (25/6). Selain Lilis, ada sekitar seratus keluarga dhuafa lainnya yang mendapat bantuan tersebut. Jajang berharap, bantuan yang Rumah Yatim berikan bisa bermanfaat bagi mereka. Agar bisa memenuhi kebutuhan pokoknya di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga apa yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik baiknya dan meringankan beban Lilis dan kelaurga,” ujarnya.

 

 

 

Penulis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend