Terapkan Sistem Pembelajaran Abad 21, SMP IT BIU Gelar OCDay

Civitas Akademika SMP IT (Bina Insan Unggul) melaksanakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau Hari Belajar di Luar Kelas yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Kamis (1/11) pagi kemarin. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Konvensi Hak Anak (KHA) sekaligus menerapkan sistem pembelajaran abad 21.

Kegiatan OCDay yang diarahkan dengan pembelajaran berbasis STEM (Sains Teknologi Enginering dan Matematik), gabungan antara lima mata pelajaran. Yakni Sains (IPA), matematika, bahasa indonesia, bahasa Inggris, dan prakarya. Selaras arahan Dinas Pendidikan Kota Bandung yang meminta sekolah untuk melakukan proses pembelajaran di luar kelas. Hal ini agar proses pembelajaran bagi anak menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, juga bisa meningkatkan kemandirian serta kreativitas mereka.

Kegiatan belajar di luar kelas atau OCDay ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mendukung Sekolah Ramah Anak (SRA).

Acara ini diisi dengan banyak kegiatan menarik seperti pengucapan ikrar Bandung Santun yang dipimpin oleh salah satu siswa, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa lingkungan, mematikan lampu, belajar, mencuci tangan, makan bersama, membaca buku, senam germas dan melakukan berbagai permainan tradisional khas Sunda.

“Metode pembelajaran dalam kegiatan OCDay ini mengusung berbagai tema di antaranya, perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta pelestarian permainan tradisional.

Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 07.45 sampai 11.45 WIB ini diisi dengan beragam kegiatan dan aktivitas yang dapat mengeksplor kreativitas anak-anak tersebut,” ujar Iklima Asri Fajriani selaku Kepala SMP IT BIU, Kamis (1/11).

Ia pun mengatakan, jika kegiatan berlangsung dengan sukses dan lancar, anak-anak terlihat sangat bersemangat dan senang mengikuti kegiatan ini.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

 

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend