Terbatas Fisik dan Ekonomi, 20 Lansia di Beroro Dapat Bantuan Rumah Yatim

Terbatas Fisik dan Ekonomi, 20 Lansia di Beroro Dapat Bantuan Rumah Yatim

Bantuan peduli sesama disalurkan Rumah Yatim Cabang Mataram NTB kepada 20 lansia prasejahtera di Dusun Beroro, Desa Jembatan Kembar Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (26/10) lalu. Bantuan ini diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan harian para lansia di tengah keterbatasannya secara fisik maupun ekonomi.

Kepala Cabang Rumah Yatim Mataram, Amir Sumarna menuturkan, bantuan ini diberikan lantaran kondisi para lansia hidup di garis kemiskinan. Ditambah musim kemarau panjang membuat sebagian dari mereka tidak bisa bekerja untuk menanam yang bisa dikonsumsi sebagai penyambung hidupnya.

Oleh karena itu, adanya bantuan ini sedikitnya bisa membantu kebutuhan lansia. “Mereka tidak bisa usaha karena kekeringan. Otomatis mau kerja atau menanam pun gak bisa berbuat apa-apa. Maka dari itu, harus kita perhatikan, karena memang masyarakat pinggiran itu hidupnya masih jauh dari kesejahteraan,” terangnya.

Menurutnya, masyarakat di pinggiran Lombok ini sangat sulit mencari pekerjaan, terlebih pasca gempa tahun lalu. Sehingga para lansia ini hanya hidup seadanya mengandalkan bantuan dari tetangga atau dari sanak saudaranya. Adanya bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat dan mampu mengurangi permalasahan ekonominya.

Meskipun bantuan yang diberikan tidak begitu besar, namun sangat berarti bagi mereka. Hal itu terlihat dengan antusiasnya mereka saat tim relawan Rumah Yatim menyerahkan bantuan ini secara door to door. Hal ini juga untuk melihat secara langsung kondisi mereka. Kebanyakan lansia ini sudah tidak bekerja, hanya sebagian kecil saja yang bekerja serabutan. 

 

 

Jurnalis: Dila Nurfadila
Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend