Terkendala Biaya, PAUD dan TPQ Marwah Terima Bantuan Kemitraan

Dukung Pengembangan TPQ Al Hisyam, Rumah Yatim Beri Bantuan Kemitraan dan Kitab

Pada tahun 2019, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Marwah mulai berdiri atas inisiatif Maini. untuk memberikan pendidikan kepada anak usia dini. Terutama anak yatim dan dhuafa yang berada di sekitaran Jalan Marelan V Pasar 2, Kelurahan Rengas Pulau. Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. Kini, PAUD tersebut dikelola oleh Ustadz Sutrisno sebagai salah seorang pengajar pula.

Selain PAUD, Ustadz Sutrisno juga mengadakan TPQ dan program magrib mengaji di lokasi yang sama. Relawan Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara, Lia mengatakan, untuk pagi diisi oleh PAUD, siang TPQ, dan malam magrib mengaji. Saat ini jumlah santri yang menjadi binaan PAUD dan TPA Marwah lebih dari 100 anak.

“Jumlah murid yang belajar di PAUD ada 20 anak, TPQ 50 anak, sedangkan magrib mengaji 95 anak, dengan rata-rata jenjang sekolah dasar,” ungkapnya.

Namun, PAUD dan TPQ Marwah ini belum memiliki bangunan khusus, hanya sebuah saung yang terbuat dari bambu. Selama ini, kata dia, menempati tanah milik orang lain. Jadi, sewaktu-waktu bisa saja diusir.

“Itu salah satu kendala yang sangat dirasakan, tapi mereka hanya bisa pasrah karena tak ada biaya,” ujar Lia.

Sebab, sambungnya, mayoritas orangtua anak bekerja sebagai buruh tani. Rata rata ppenghasilannya hanya mencukupi kebutuhan sehari hari. Bahkan, iuran anak-anak pun banyak yang menunggak walaupn tidak begitu besar.

“Anak-anak dikenakan iuran 25-35 ribu rupiah perbulan, tapi banyak yang nunggak, dan pihak PAUD serta TPQ tidak bisa memaksa,” paparnya.

Sehingga, kebutuhan operasional cukup kekurangan, dan insentif guru pun hanya seadanya. Karena memang, disana banyak anak yatim dan dhuafa. Jadi, tidak dipaksa untuk bayar. Oleh sebab itu, Rumah Yatim Cabang Sumut memberikan bantuan kemitraan, pada Rabu (1/7). Agar kebutuhan operasional PAU dan TPQ maupun kebutuhan lainnya dapat segera terpenuhi, sehingga anak dapat belajar dengan maksimal.

“Mudah-mudahan bermanfaat bantuan ini, bisa memberi semangat mereka dalam belajar,” tutupnya.

 

 

 

Penulis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend