Terpaksa Berhutang, Gharimin di Deli Serdang Dapat Bantuan Rumah Yatim

Terpaksa Berhutang, Gharimin di Deli Serdang Dapat Bantuan Rumah Yatim

 

Masyarakat prasejahtera menjadi salah satu kalangan yang paling terasa terkena dampak WFH (Work from home), tak banyak yang bisa dilakukan selain pasrah dengan keadaan. Hingga akhirnya terpaksa berhutang demi menyambung hidup dan sesuap nasi. Rabu (1/4) lalu, Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara menyalurkan santunan bagi empat gharimin di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Bantuan tersebut guna membantu memeuhi kebutuhan hariannya di tengah merebaknya virus Covid-19.

Gharimin adalah salah satu mustahik penerima zakat yang memiliki hutang untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Menurut Relawan Rumah Yatim Sumut, Agan, kondisi para penerima manfaat ini cukup memprihatinkan. Mereka hanya bekerja serabutan dan cukup banyak hutang ke warung sekitar.

Ia menambahkan, mereka terpaksa harus berhutang karena tak punya uang untuk makan sehari-hari. Terlebih ditengah pandemi corona ini, yang mengharuskan diam di rumah, sehingga tidak ada penghasilan untuk makan sehari-hari nya. Bantuan ini diserahkan secara langsung dari rumah ke rumah untuk memastikan langsung kondisi dari para mustahik.

“Kebanyakan suami mereka sudah sakit-sakitan, jadi istrinya yang bekerja,” tutur Agan.

Selain itu, ada di antara mereka juga yang sudah tidak punya suami. Jadi menurutnya, bantuan ini layak diberikan bagi mereka. Harapannya, kata dia, bantuan ini bisa meringankan beban permasalahan ekonomi nya.

 

 

 

Jurnalis: Anjar Martiana
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend