Tes Hafalan Tunjang Perkembangan Baca Alquran Anak Asuh

Berkumpul dan bersiap, membuka lembar demi lembar halaman Alquran yang dipegang. Di asrama Rumah Yatim Kemang, anak asuh bersiap untuk tes hafalan ayat. Kegiatan ini memang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan Asrama Kemang, untuk melihat perkembangan anak asuh.

Menurut pemaparan Kepala Asrama Rumah Yatim Kemang, Reno, satu persatu anak asuh maju dan menghadap untuk menyetorkan hafalannya. Ayat demi ayat dibaca dengan lantang dan jelas. Kadang lupa, namun tetap bersemangat untuk mencoba. Biasanya, kata Reno, kegiatan tes hafalan diadakan satu hingga dua bulan sekali.

“Biasanya jumlah hafalan yang dihafal karena mereka pun punya data hafalannya masing-masing,” ujar Reno, Senin (10/12).

Ia mengungkapkan, selain untuk mengetahui perkembangan anak kegiatan tes hafalan untuk menguatkan hafalan yang sudah ada. Hal ini dikarenakan, anak asuhnya lebih bersemangat ditetapkan adanya tes hafalan ayat. Bahkan, kegiatan ini juga untuk menunjang bacaan yang sudah dikuasai.

Namun, di samping itu Reno juga mengakui ada hambatan diantara anak asuh. Salah satunya adalah lupanya hafalan yang sudah ada. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi ukuran, kata Reno, karena anak asuhnya masing-masing karakter berbeda-beda.

“Karena tidak semua anak bisa menghafal Alquran dan hadits atau pun doa-doa. Intinya buat saya sangat bangga, walaupun dari hafalannya masih ada yang lupa lagi,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend