Tetap Berkeliling di Tengah Wabah Corona, Rusmanto Terima Bantuan

Tetap Berkeliling di Tengah Wabah Corona, Rusmanto Terima Bantuan

Setiap hari Rusmanto (63) harus mendorong gerobak berisi cermin untuk dijualnya. Biasanya dari pagi hingga petang ia berkeliling di wilayah Antapani, Arcamanik, hingga Cisaranten. Hal tersebut menyesuaikan kondisi fisik yang dimilikinya. Ia adalah pekerja informal yang menggantungkan hidupnya dari pendapatan harian dengan cara berkeliling

Lelaki asal Kabupaten Brebes ini, sudah sejak lama mencari nafkah di Kota Kembang jauh sebelum wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) merebak. Termasuk saat ini, ketika setiap orang diharusnya untuk berdiam diri di rumah untuk menghindari meluasnya penyebaran corona.

Namun, berbeda bagi Rusmanto, ia harus tetap bekerja dengan berjualan cermin keliling. Karena, pekerjaan inilah satu satunya penyambung hidup bagi dirinya dan keluarga.

Saat ditemui di Jalan Perluasan Arcamanik Bandung, ia sangat terkejut tim Relawan Rumah Yatim Jawa Barat datang dan memberikan bantuan. Hal itu disampaikan Relawan Rumah Yatim Jabar Solehudin. Menrut Solehudin, Rusmanto layak diberi bantuan apalagi saat ini dirinya tidak bisa Work From Home (WFH).

“Kami secara spontan memberikan bantuan ini untuk beliau, semoga bisa membantu dan meringankan bebannya di tengah pandemi kali ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan ialah melalui program biaya hidup. Selain Rusmanto, masih ada sejumlah masyarakat yang telah diberikan bantuan untuk meringankan bebannya. Selain itu, sambung Solehudin, bantuan biaya hidup dan kebutuhan pokok akan terus dislaurkan. Sasarannya ialah orang orang yang tidak bisa WFH dan harus tetap bekerja.

Hingga Minggu 5 April 2020 Pukul 16.03 laman covid19.bandung.go.id mencatat sebanyak 47 orang terkonfirmasi positif, dan 200 PDP, serta 1.79 berstatus ODP. Sedangkan, 6 dianyaranya dinyatakan sembuh dan 17 lainnya meninggal dunia.

 

 

Jurnalis: Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
why?
Send this to a friend