Tiara Terharu Rumah Yatim Bantu Lunasi Tunggakan SPP Selama Tiga Tahun

Tingginya biaya pendidikan masih banyak dirasakan oleh anak-anak di Indonesia. Seperti yang dialami oleh Tiara Agustina, remaja 18 tahun itu terbentur biaya pendidikan hingga menunggak selama tiga tahun. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan ekonomi keluarganya. Namun, ia memiliki semangat tinggi untuk sekolah dan tidak menyerah untuk tetap melanjutkan pendidikannya.
Tim Rumah Yatim Cabang Tegal mengunjungi sekolahnya di SMKN 2 Tegal di Jalan Kejambon, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (22/3). Kunjungan ini dilakukan untuk membantu melunasi tunggakan biaya pendidikan atau SPP Tiara selama tiga tahun. Rasa haru dan syukur dirasakan Tiara, karena ia bisa mendapatkan kartu Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada 25 Maret mendatang.

“Alhamdulillah kemarin kita bantu untuk pelunasan pembayaran tunggakan SPP salah satu anak asuh nonmukim. Tunggakan yang kita bayarkan sebesar 2.117.000 rupiah. Nominal itu adalah tunggakan mulai dari kelas X hingga XII, yang belum mampu dibayarkan,” ungkap Jajang Khoeruman, Kepala Cabang Tegal.

Ia menceritakan, sebelumnya sang ibu mengajukan pinjaman kepada Rumah Yatim Tegal. Karena biaya pendidikan itu sangat urgent dibutuhkan sebelum ujian nasional berlangsung. Lalu ditawarkan kepada beberapa donatur, ia bersyukur ada donatur yang bersedia membantu melunasi biaya tunggakan pendidikan Tiara.

Ibunda Tiara hanya bekerja sebagai buruh cuci dan setrika dengan penghasilan 300 ribu rupiah sebulan. Penghasilan itu harus menghidupi tiga anaknya. Sedangkan sang ayah telah meninggal dunia. Menurut gurunya, Tiara termasuk anak yang disiplin dalam belajar. Terbukti ia termasuk dalam peringkat 10 besar di sekolahnya.

Bantuan yang diberikan kepada remaja yang tinggal di Jalan Flamboyan No. 8 RT 08 RW 03 Kejambon, Tegal Timur itu, diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya karena beban sosialnya telah teratasi. “Mudah-mudahan dia percaya diri lagi, dan ketika ujian semoga tidak merasa punya beban dan kendala lagi,” pungkasnya.

Jurnalis: Dila Nurfadila
Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend