Tim Rumah Yatim Akan Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana

Beberapa tim Rumah Yatim akan ikuti Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana bersama Tim Basarnas Kota Bandung, pada November 2018 mendatang. Hal ini sebagai upaya membentuk relawan yang siap, siaga, dan waspada terhadap penanggulangan bencana di lapangan.

Selain itu, kata Dadan Rusmana selaku Staf Pemberdayaan Rumah Yatim, latihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan usaha tentang penanggulangan bencana. Misi penyelamatan korban bencana alam ini menurutnya perlu dilakukan untuk membantu setiap upaya penanganan tanggap darurat bencana.

“Jika sudah di lapangan, disiplin keilmuwan penyelamatan korban menyelamatkan diri sendiri itu mutlak harus dikuasai, artinya tujuan kita membantu orang, jangan sampai ujung-ujungnya kita yang harus diselamatkan,” jelasnya, Rabu (30/10).

Kemudian target dari pelatihan ini sambung dia, Rumah Yatim dapat memperoleh sertifikasi dari Basarnas untuk terjun ke lapangan membantu misi penyelamatan korban bencana, yang nantinya ini sangat bermanfaat. Saat menyalurkan bantuan logistik ke lokasi bencana, aksi tanggap darurat bencana ini sangat diperlukan.

Ia berharap, melalui pelatihan ini, nantinya dapat membentuk relawan penanggulangan bencana yang siap, siaga dan waspada terhadap bencana yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend