Tinggal di Pengungsian, Anak Asuh Tetap Ceria dan Semangat Jalani Aktivitas

Gempa susulan dengan skala kecil ataupun besar masih terus terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan menurut informasi yang dihimpun jurnalis Rumah Yatim dilansir dari situs BMKG, yang di update hingga (10/8) lalu, tercatat sebanyak 474 kali gempa susulan. Insiden tersebut menyadarkan para pengurus Asrama Rumah Yatim NTB bahwa rumah mewah bertingkat tidak lebih baik dari pada tenda terpal kecil di pengungsian.

Pasca evakuasi, tinggal di pengungsian tak membuat anak asuh Rumah Yatim NTB larut dalam kesedihan. Bahkan anak asuh masih terus menunjukan keceriaan dan semangatnya di tengah-tengah gempa susulan yang terus mengguncang. Hal ini diajarkan para pengurus asrama agar setiap anak asuh segera bangkit dari rasa trauma dan ketakutan.

Bahkan dalam situasi siaga dan waspada, kata Salma Hasanah selaku pengurus Asrama NTB, anak asuh tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Meliputi shalat berjama’ah, doa bersama, tadarus bersama, sarapan bersama, dan olahraga. Bahkan dalam kondisi darurat bencana, anak asuh semangat membantu para relawan Rumah Yatim dalam memersiapkan penyaluran.

“Alhamdulillah, anak-anak masih kelihatan semangat, bahkan membantu ngepack sembako buat disalurkan ke wilayah Lombok Utara,” ungkap Salma.

Menurutnya, melalui musibah ini, seluruh penghuni asrama harus bersatu saling menjaga dan peduli terhadap satu sama lainnya. Bahagia keluarga tidak lagi diukur dari mewahnya sesuatu yang dimiliki, cukup sekedar berkumpul dan tahu semua anggota keluarga bisa tersenyum. Hal ini menyadarkannya bahwa betapa sederhana kebutuhan menuju bahagia.

“Dari musibah ini, menyadarkan kita betapa nikmatnya berbagi dan bersama. Betapa tak berdayanya kita di hadapan Sang Penguasa Alam. Gempa kemarin juga menyadarkan kami bahwa hotel bertingkat menjadi tempat yang tidak nyaman untuk beristirahat,” tuturnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend