Tingkatkan Ekonomi, Rumah Yatim Salurkan 100 Domba Kepada Dhuafa

Seratus ekor domba disalurkan bagi dhuafa dalam program ekonomi produktif Rumah Yatim bagi peternak domba di daerah Jawa Barat. Pemberian domba ini untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak di daerah masing-masing. Pemberian ini juga untuk meningkatkan ekonomi bagi setiap peternak yang menerima bantuan tersebut.

Menurut pemaparan Staf Peberdayaan Rumah Yatim, Deni Rustandi, peternak masing-masing mendapatkan dua ekor domba betina. Penerima juga merupakan para peternak yang tinggal di daerah Jawa Barat. Di antaranya, Garut, Pasir Impun Bandung, Banjaran, Pangalengan, Cianjur, Cicalengka Bandung, dan lainnya. Penyaluran bibit hewan ini juga untuk memberikan kemudahan bagi petani.

“Tujuannya untuk kesejahteraan petani di bidang peternakan,” papar Deni, kepada jurnalis Rumah Yatim, Senin (30/7).

Sebanyak 100 ekor domba disalurkan Rumah Yatim dari mulai 18 Juli hingga 30 Juli 2018. Seluruh bantuan disalurkan secara bertahap oleh relawan Rumah Yatim langsung ke masing-masing peternak. Pemberian domba ini, sambung Deni, disalurkan secara gratis bagi peternak.

“Rumah Yatim pada posisi ini tidak memungut keuntungan sedikit pun. Ini kami berikan cuma-cuma,” ujarnya.

Ia berharap, pemberian domba bisa meningkatkan dan merubah para peternak yang awalnya mustahik menjadi muzzaki. Selain itu, diharapkan hewan tersebut bisa dikembangbiakan. Agar nantinya bisa meningkatkan nilai ekonomi bagi setiap penerima manfaat. Apalagi, bisa digunakan untuk berqurban oleh penerima manfaat, maupun mendapat nilai jual di tahun depan.

Namun, di samping itu Rumah Yatim hanya akan memberikan pendampingan dan memantau perkembangan dari masing-masing penerima manfaat. Selain itu, akan ada evaluasi secara rutin untuk mengukur efektivitas pengembangbiakan hewan tersebut. Agar, setiap peternak bisa mengembangkan domba yang diberi dengan baik.

“Tidak akan mengambil untung sedikit pun. Hanya akan ada evaluasi dan monitoring untuk melihat perkembangan,” terangnya.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-07-30 13:49:32

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend