Tingkatkan Hafalan Alquran, Anak Asuh Putri Sumut Rutin Murojaah Pagi Sebelum PJJ

Selama pandemi Covid-19, anak asuh Asrama Putri Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara mengikuti kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang digelar sekolahnya. Hal itu membuat anak asuh harus tetap berada di asrama, dan belajar secara virtual setiap hari.

Sebelum melakukan PJJ, anak asuh rutin murojaah pagi. Menurut Reno selaku Kepala Asrama, anak asuh setiap pagi berpencar dan fokus pada hafalannya masing-masing. Setiap anak memperkuat dan memperlancar ayat yang sebelumnya dihafalkan.

Ia menambahkan, metode murojaah pagi ini cukup efektif meningkatkan hafalan Alquran anak asuh. “Pagi-pagi sebelum PJJ, anak-anak masih fresh, sehingga waktunya tepat untuk menghafal,” kata Reno.

Murojaah pagi tersebut, kata dia dilakukan setelah piket, mandi, dan sarapan. Untuk setoran hafalannya, bisa dilakukan siang hari setelah PJJ. “Setornya bisa ke saya, Uminya, atau anak asuh yang paling besar,” tambahnya.

Kini, sambung dia, hafalan anak asuh masih ada yang juz 30, namun ada juga yang sudah masuk juz 29. Reno bersyukur anak asuhnya rajin dan tekun menghafal. “Walau bertambah hafalannya sedikit-sedikit, yang penting rutin, semoga mereka menjadi penghafal Alquran yang hebat,” pungkasnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend