Tingkatkan Minat Baca Siswa SD El Fitra Melalui Program Book Lovers

Membaca buku merupakan aktivitas intelektual yang harus terus dilestarikan, agar mencetak manusia yang kian berpengetahuan. Seperti halnya yang dilakukan SD El Fitra gencar membudayakan baca buku, hingga ada istilah book lovers. Adanya program book lovers ini agar para siswa bukan hanya senang membaca, tetapi juga mencintai buku.

“Jadi kita ingin anak-anak cinta akan buku, karena dari buku terbuka lah ilmu pengetahuan,” ungkap Kepala SD El Fitra, Erly Savitri, Kamis (19/9).

Kegiatan ini pula, kata dia, rutin dilaksanakan pada pagi hari setelah shalat dhuha. Kemudian para siswa berkumpul di lapangan untuk membaca buku bersama. Setelah membaca, para siswa diberi kesempatan untuk bercerita atas hasil bacaannya. Sedangkan, pada siang hari pun rutin dilaksanakan di perpustakaan sebelum shalat dzuhur berjama’ah.

SD El Fitra menyiapkan lebih dari 3000 buku di perpustakaan sebagai bahan bacaan para siswa. Di antaranya, tentang sains, sejarah umum, shiroh Nabi Muhammad, dongeng, kamus bahkan ensiklopedia pun telah dipersiapkan dalam menunjang minat baca siswa.

“Di depan juga kita siapkan rak buku, dekat meja piket, sebelum gerbang keluar. Jadi ketika mereka sedang nunggu jemputan, mereka juga bisa sambil baca, agar waktu yang digunakan efektif,” jelasnya.

Hal ini gencar dilakukan karena menurutnya, di kancah internasional, Indonesia menempati urutan kedua terendah dalam minat baca yang masih kurang. Oleh karena itu, SD El Fitra mendidik para siswa untuk membudayakan baca buku. Terlebih program ini sejalan dengan program yang sedang digencarkan pemerintah dalam menerapkan budaya literasi di kalangan pelajar.

“Jadi kita sudah membudayakan membaca, sehingga dengan membudayakan tersebut, anak tidak terpaksa untuk membaca, karena yang berbeda hanya dari minat bacanya,”

Ia berharap, dengan banyak dan senang membaca ini, para siswa dapat menjadi cendekiawan muslim yang besar. Kemudian dapat membawa kejayaan ilmuwan muslim di masa yang akan datang.

 

Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-07-20 09:11:40

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend