Trauma Healing Bagi Lansia dan Anak-anak Korban Gempa

Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu daerah terparah dengan kondisi banyak bangunan yang hancur akibat gempa. Pada Rabu (12/9), Rumah Yatim Cabang Mataram NTB kembali menyalurkan sejumlah bantuan sembako dan trauma healing bagi lansia dan anak-anak di Dusun Beneng, Desa Tampak Siring, Kecamatan Batu Keliang, Kabupaten Lombok Tengah.

Relawan Rumah Yatim, Huda mengungkapkan, banyaknya lansia yang menempati posko pengungsian membuat jangkauan penyaluran diperluas ke wilayah tersebut. Sebanyak 73 kepala keluarga menerima bantuan tersebut. Adapun bantuan yang diberikan berupa paket sembako, selimut, pakaian layak pakai, paket MCK, dan perlengkapan bayi.

“Di Dusun Beneng banyaknya lansia jadi ada beberapa tambahan bantuan untuk kebutuhan lansia,” imbuhnya.

Menurut pantauannya di lapangan, wilayah tersebut pasca gempa, hampir 100 persen bangunan hancur rata dengan tanah dan retak akibat gempa yang mengguncang beberapa waktu lalu. Wilayah Lombok dan sekitarnya tak henti diguncang gempa susulan dengan intensitas ringan. Sehingga hal itu membuat hampir seluruh warga masih mengalami trauma.

Oleh karena itu, bantuan trauma healing diberikan untuk mengembalikan keceriaan mereka agar segera bangkit dari rasa takut serta bayang-bayang gempa susulan yang menghantui setiap saat. Selain itu, sebagai penguatan diri agar ketika menghadapi gempa susulan lagi, warga bisa menghadapinya dengan lebih tenang.

“Semoga bantuan ini dapat mengobati perasaan mereka dari rasa trauma. Mudah-mudahan kondisi warga setempat dapat kembali pulih untuk memulai kehidupan yang baru lagi,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend