Tsunami Terjang Selat Sunda, Rumah Yatim Ekspedisi Tanggap Darurat Bencana

Bencana tsunami telah menerjang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, dan Lampung Selatan Sabtu (22/12), pukul 21.30 WIB. Menurut informasi yang diperoleh tim jurnalis Rumah Yatim, dilansir dari akun resmi twitter Ketua BNPB, pada Minggu (23/12) pukul 13.00 WIB, data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 168 orang meninggal dunia, 745 orang luka-luka, dan 30 orang hilang, dan 556 rumah rusak.

“Penanganan terus dilakukan. Evakuasi korban masih berlangsung. Data ini kemungkinan akan terus bertambah, mengingat belum semua wilayah dapat didata, dan saat ini petugas masih melakukan pendataan,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo dalam videonya saat memberikan keterangan di akun twitternya.

Masih dilansir dari situs BNPB, daerah yang paling berdampak parah adalah di daerah Kabupaten Pandeglang, yaitu kawasan wisata dan permukiman, sepanjang pantai dari Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Labuan, Panimbang dan. Carita.

Untuk membantu para korban tsunami, tim Rumah Yatim yang didampingi tim kesehatan tengah melakukan ekspedisi tanggap darurat bencana dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkait penanganan dampak bencana. Rumah Yatim mengajak seluruh masyarakat untuk bahu membahu meringankan beban para korban.

“Kita habis beli obat-obatan buat pertolongan pertama korban. Kita menuju Puskesmas,” pungkas Zulfa, salah satu dari tim kesehatan Rumah Yatim.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat